Pekan Depan, Pemkot Probolinggo Tutup Pasar Hewan Wonoasih

WONOASIH-PANTURA7.com. Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo berencana menutup Pasar Hewan yang ada di Kelurahan Wonoasih, Kecamatan Wonoasih. Penutupan rencananya akan diberlakukan mulai Selasa, pekan depan hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Probolinggo, Sudiman menjelaskan, kebijakan menutup pasar hewan itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di wilayah setempat.

“Penutupan sementara pasar hewan itu karena pedagang yang bertransaksi di pasar tersebut tidak murni warga Kota Probolinggo. Namun mereka juga berasal dari zona merah Covid-19 seperti Surabaya, Sidoarjo, Malang, Lumajang dan Situbondo,” kata Sudiman, Selasa (5/5/2020).

Kebijakan penutupan sementara pasar hewan tersebut, imbuh Sudiman, menjadi satu dengan pembatasan jam operasional pasar yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Probolinggo melalui Surat Edaran (SE) Wali Kota. SE ini, imbuhnya, telah disampaikan kepada seluruh koordinator pasar maupun pedagang di Kota Probolinggo.

“Alasannya karena pasar hewan menjadi tempat pertemuan antara pedagang dengan pembeli. Pedagang sapi juga banyak yang dari luar kota dan kebetulan merupakan epiSntrum Covid-19,” tutur dia.

Penutupan pasar hewan itu, tambah Sudiman, nantinya akan ditandai dengan pemasangan banner tentang penutupan sementara pasar hewan di masing-masing area pasar yang menjadi wilayahnya.

“Kami berharap para pedagang dan pembeli memahami kondisi ini. Toh transaksi masih bisa dilakukan secara personal maupun secara daring, agar masyarakat Kota Probolinggo terhindar dari potensi Covid-19,” tegasnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga  Wawali Subri Terkonfirmasi Covid-19

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …