100 Peserta UTBK Jalani Rapid Test Gratis

MAYANGAN-PANTURA7.com, Sebanyak 100 peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK ) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) memanfaatkan rapid test gratis yang digelar Pemkot di Rumah Dinas Walikota Probolinggo, Selasa (14/7/2020). Surat keterangan sehat memang menjadi salah satu persyaratan yang harus dipenuhi calon mahasiswa untuk mengikuti UTBK di universitas.

Rapid test ini sudah digelar untuk yang keempat kalinya dan merupakan fasilitas yang diberikan pemerintah secara gratis dengan ketentuan peserta merupakan calon mahasiswa asal Kota Probolinggo. Caranya dengan melampirkan fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP), fotokopi Kartu Keluarga (KK) dan form pendaftaran universitas.

Tim tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Probolinggo terlihat menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, seperti sarung tangan, masker, face shield hingga baju hazmat.

Koordinator Bidang Pencegahan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Probolinggo, Hariyanto mengatakan, kegiatan rapid test berjalan dengan lancar sejak pertama buka hingga saat ini.

“Surat keterangan sehat yang dikeluarkan pemerintah melalui rapid test ini hanya berlaku selama tujuh hari. Selebihnya peserta harus melakukan rapid test kembali jika masa tanggal sudah habis,” terang Hariyanto.

Saat memantau pelaksanaan rapid test, Walikota Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, pemkot terus berupaya hadir di tengah-tengah masyarakat dalam situasi dan kondisi apapun.

Menurutnya rapid test akan terus dilaksanakan jika masyarakat masih memerlukan sebagai tindak lanjut kebutuhan berikutnya.

“Pemerintah harus terus memerhatikan apa yang menjadi harapan masyarakat, khususnya mahasiswa. Karena mereka (mahasiswa) ingin belajar dan ini menjadi syarat utama,” terangnya.

Walikota sempat bertanya kepada peserta yang telah menjalani rapid test. “Gimana hasilnya? Tidak reaktif kan. Lebih baik ketahuan sejak dini, daripada terpapar,” katanya.

Baca Juga  Hasil Swab Keluar, Bupati Tantriana Negatif Covid-19

Salah satu peserta, Kiki (17) mengatakan, sangat senang bisa mengikuti rapid test ini, apalagi gratis. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …