GAGAL: Aksi pencuri yang sempat terekam CCTV.

Curi HP, Rekaman CCTV Viral, HP Dikembalikan

Paiton,- Pencurian handpone (HP) di sebuah konter di Kecamatan Paiton viral setelah terekam Closed Circuit Television (CCTV). Bahkan saat ini video tersebut sudah dibagikan ratusan warganet (netizen) di grup Facebook (FB) dan mendapat beragam komentar pedas.

Rekaman video yang berdurasi 24 detik itu menampilkan seorang pria diperkirakan berusia 27 tahun mengenakan jaket dengan warna hitam biru masuk ke konter dan dengan santai langsung mengambil hanphone tanpa doosbook di dalam etalase konter tersebut.

Diketahui pencurian itu terjadi, pada Minggu (29/5/2022), sekitar pukul 18.00 WIB. Lokasinya di konter yang berlokasi di pinggir jalan raya pantura Probolinggo-Situbondo, tepatnya di Desa/Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo milik Abdul Hotib.

Hotib mengatakan, pencurian tersebut memang benar adanya. Akan tetapi HP merk Xiaomi Redmi 5A warna hitam yang dicuri itu sudah dikembalikan empat jam setelah dicuri pelaku. Hanya saja pelaku mengembalikan HP tersebut menggunakan jasa ojek online (Ojol).

“Kalau rekaman CCTV yang dicuri dan tersebar di Facebook itu memang benar, dan HP yang dicuri juga sudah dikembalikan oleh pelaku setelah video rekaman viral. Pakai jasa tukang ojek yang mengembalikan dan pelaku juga sudah meminta maaf,” kata Hotib, Senin (30/5/2022).

Diceritakan, awal mula pencurian tersebut saat Sitia Ningsih, istrinya sedang berjaga konter. Sekitar pukul 18.00 WIB, datang seorang pria hendak membeli silikon milik pria tersebut. Saat istrinya mencari silikon yang dicari, pria tersebut turut masuk ke dalam.

“Tidak curiga sama sekali kata istri saya, ketika dia (pelaku, Red.) masuk ke dalam konter dan istri saya fokus untuk mencari silikon, karena tidak ditemukan akhirnya dia pulang. Baru saya datang dan menyadari jika HP yang saya pajang tidak ada,” ungkap Hotib.

Baca Juga  Januari-Desember, Damkar Pemkot Probolinggo Tangani 206 Kejadian

Menyadari hal tersebut, menurut Hotib, ia lantas bertanya kepada istrinya dan mengira jika HP tersebut laku. Akan tetapi, istrinya mengaku jika HP-nya belum laku. Sehingga ia memutuskan untuk mengecek rekaman CCTV dan barulah diketahui HP tersebut dicuri.

“Kemudian minta tolong kepada teman-teman yang juga penjaga konter juga sampai akhirnya jadi viral dan hasilnya HP sudah dikembalikan. Sudah diselesaikan secara kekeluargaan dan tidak lapor ke polisi, karena sudah tidak mau diperpanjang lagi,” tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Paiton Iptu Maskur Ansori mengatakan, jika viralnya rekaman CCTV pencurian HP di sebuah konter di wilayah hukum Polsek Paiton memang sudah terpantau oleh anggotanya. Hanya saja, kata dia, pihaknya tidak menerima laporan dari korban.

“Kalau laporan tidak ada, tapi kalau memang sudah diselesaikan secara kekeluargaan dan HP yang dicuri itu sudah dikembalikan Alhamdulillah. Kalau rekaman CCTV yang viral itu sudah kami pantau mulai daritadi malam,” ungkap mantan Kasubag Humas Polres Probolinggo ini. (*)

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Selundupkan Sabu-sabu ke Dalam Lapas, Perempuan asal Sidoarjo Diciduk Polisi

Probolinggo,- Wanita asal Sidoarjo, DSR (28) harus berurusan dengan aparat kepolisian setelah tertangkap hendak menyelundupkan …