Jutaan Ubur – ubur ‘Serang’ Perairan Probolinggo

Probolinggo –Jutaan ubur-ubur kembali memenuhi perairan Probolinggo sejak sekitar sepekan yang lalu. Meski tak membahayakan, bagi masyarakat yang melakukan aktivitas di laut, diharap selalu berhati-hati terhadap ubur-ubur itu.

Jutaan satwa lunak yang memenuhi perairan Probolinggo ini terlihat di perairan dua pelabuhan Probolinggo. Yakni, di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan dan Pelabuhan Tanjung Tembaga.

Tidak hanya terlihat di area warga berkumpul, ubur-ubur juga terlihat di area tempat kapal ditambatkan. Kolam pelabuhan pun mirip kolam yang dipenuhi “cendol” ubur-ubur.

“Ubur-ubur yang memenuhi perairan Probolinggo ini sudah terlihat sejak seminggu yang lalu, dengan penyebarannya di perairan Probolinggo,” ujar KBO Satpolair Polres Probolinggo, Ipda I. Ketut Alit, Senin (9/5/2022).

Meskipun hingga saat masih belum ada laporan terkait ubur-ubur tersebut bersinggungan dengan warga yang melakukan aktivitas di laut, namun petugas berharap, masyarakat tetap berhati-hati saat berada di laut.

“Kami mengimbau untuk masyarakat tetap berhati-hati jika beraktivitas di laut untuk menghindarkan kejadian yang tidak diinginkan,” ujarnya.

Sementara itu Diyak, pemancing asal Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo, Diyak mengaku, melihat ubur-ubur ini sejak dua minggu yang lalu. Meski tidak menganggu, namun saat mancing, ia tetap harus berhati-hati karena khawatirt kailnya terkena ubur-ubur.

“Saya tiap hari mancing di sini, dan sejak dua minggu melihat ubur-ubur ini, dan munculnya ubur-ubur ini fenomena tiap tahun yang terjadi di perairan Probolinggo,” ujarnya. (*)

Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Sungai Trosobo Meluap, Pemukiman Tergenang

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …