Pasca Lebaran, Rutan Kraksaan ‘Over’ Kapasitas

Kraksaan,- Sepekan pasca Idul Fitri 2022, Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Kraksaan tetap mengalami over kapasitas hunian (overload). Meski kelebihan kapasitas tidak terlalu banyak, namun hal tersebut tetap menjadi perhatian, terutama dari segi kesehatan.

Kepala Rutan Kelas II B Kraksaan, Bambang Irawan mengatakan, setiap tahunnya, kapasitas Rutan Kraksaan memang tidak bakal berubah atau tidak overload. Bahkan, pihaknya bisa saja menitipkan warga binaan lainnya jika kondisi hunian terlalu banyak.

Oleh karena itu, lanjut Bambang, over kapasitas Rutan Kraksaan, membuat pihaknya harus ekstra memperhatikan kondisi ataupun kesehatan Warga Binaan Permasyarakatan (WBP), terlebih dengan minimnya personel dan tim medis Rutan Kraksaan.

Sehingga hal tersebut, menurut dia, pihaknya harus bekerjasama dengan Puskesmas setempat, yang setiap minggu pasti mengontrol kesehatan secara bergantian terhadap para WBP. Hingga saat ini, sudah ada sebanyak 359 WBP yang ada di Rutan.

“Sekarang memang sudah agak lumayan untuk jumlah WBP, karena pada bulan Desember 2021 lalu saja sebanyak 380 WBP. Jadi untuk menjaga kondisi warga binaan dalam sepekan itu dua kali secara bergantian pasti harus mendatangkan pihak medis,” kata Bambang, Senin (9/5/2022).

Maksimal kapasitasnya agar tidak overload, lanjut Bambang, 304 orang dengan sekitar 26 kamar yang ada di dalam. Kelebihan kapasitas, masih lumayan jika dibandingkan dengan lapas maupun rutan lainnya, terkadang lebih dari 300 persen overload-nya.

“Dari 26 kamar yang dihuni oleh para napi dan tahanan, tiap kamar memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Ada sebanyak empat kamar berukuran besar sehingga masih menampung 40 orang. Namun di sini dihuni lebih dari itu karena masih cukup jika diisi lebih,” ujarnya. (*)

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  2 Korban Penipuan Kartu Tani di Kotaanyar Diperiksa 5 Jam

Publisher : Zainul Hasan R.

Baca Juga

Modus Beli Makanan, Pengamen asal Lumajang Justru Curi Motor

Probolinggo,- Silo (29) pengamen asal Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang dibekuk Satreskrim Polres Probolinggo Kota. Ia …