Kinerja ‘Lelet’, Dewan Panggil Sejumlah Kepala Satker Pemkab Probolinggo

Probolinggo,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Probolinggo memanggil sejumlah Kepala Satuan Kerja (Satker) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Selasa (5/4/2022). Pemanggilan ini untuk membahas Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) yang tak kunjung selesai.

Beberapa perwakilan dari Pemkab Probolinggo yang dipanggil ke ruang Banggar Banmus DPRD setempat untuk membahas tindak lanjut SOTK, diantaranya Badan Kepegawaian Daerah (BKD), Badan Keuangan Daerah, dan Bagian Hukum.

Kepala BKD Kabupaten Probolinggo, Hudan Syarifudin mengatakan, tidak selesainya SOTK saat ini disebabkan karena masih terkendala surat rekomendasi dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). Surat ini, dijelaskannya, belum turun meskipun pihaknya sudah mengajukan permohonan.

“Sebelumnya, Pemkab (Probolinggo) sudah mengajukan permohonan tersebut mulai SOTK dari pejabat eselon 2, 3 dan eselon 4. Ketiganya diajukan secara bersama-sama kepada Irjen Kemendagri yang menangani perihal SOTK tersebut dan surat itu sudah sampai,” kata Hudan.

Hanya saja, lanjut Hudan, pada kewenangannya, Irjen hanya berwenang untuk mengurusi pejabat eselon 3 dan 4. Sedangkan untuk eselon 2, kata dia, merupakan wewenang dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) sendiri. Oleh karena itu, surat itu masih akan diajukan kepada ke Mendagri.

“Saat ini kami, masih berupaya untuk mengirim surat ke Mendagri agar rekomendasi segera diturunkan dan SOTK bisa segera dilaksanakan secepatnya. Semuanya tadi sudah disampaikan kepada pihak legislatif,” ungkap mantan Kepala Disnaker Kabupaten Probolinggo ini.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo, Andi Suryanto Wibowo mengatakan, seharusnya Pemkab Probolinggo tidak mengajukan secara bersama-sama eselon dua, tiga dan empat. Namun SOTK eselon dua harus diajukan terlebih dulu, baru kemudian eselon tiga dan empat.

“Namun semua sudah berlalu, dan kami siap membantu jika diperlukan di kemudian hari, agar nanti SOTK bisa segera dilaksanakan dan organisasi dalam pemerintahan bisa berjalan. Ya kami siap melakukan pendampingan,” politisi Partai Nasdem ini. (*)

Baca Juga  Tingkatkan Kesejahteraan Perani, Wabup Lumajang Ajak Warganya Sukseskan Sensus Pertanian 2023

 

Editor : Efendi Muhammad

Punlisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …