Atasi Kelangkaan, HKTI Probolinggo Uji Coba Pupuk Cair

Pajarakan,- Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Probolinggo bekerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Situbondo membagikan pupuk cair bagi para petani setempat.

Penyerahan 1.000 liter pupuk cair “NU Kaffah” tersebut dilakukan di GOR Damanhuri Romly, Pondok Pesantren (Ponpes) Zainul Hasan (Zaha) Genggong, Jumat (25/3/2022) sore. Secara simbolis penyerahan dilakukan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak.

Ketua DPC HKTI Kabupaten Probolinggo, Gus dr. Moh Haris Damanhuri Romly mengatakan, pupuk cair bisa digunakan untuk berbagai jenis tanaman. Hal itu sebagai antisipasi kelangkaan pupuk di kalangan petani.

“Dari 1.000 liter pupuk cair ini untuk masa uji coba rencananya nanti pembagiannya sebanyak 500 liter untuk MWC NU se-Tapal Kuda dan 500 liter lagi untuk DPC HKTI. Selanjutnya tinggal kita lihat nanti progres jika petani menggunakan pupuk cair ini,” kata Gus Haris.

Sebab, lanjut Gus Haris, pupuk cair ini sudah diuji coba oleh petani di Kabupaten Situbondo dan sudah terbukti hasilnya sangat maksimal. Ketika nanti uji coba di Kabupaten Probolinggo sesuai harapan, maka tidak menutup kemungkinan program pupuk cair akan dilanjutkan.

“Banyak manfaat yang bisa diambil dari pupuk cair ini, selain untuk mencegah kelangkaan pupuk non organik karena satu liternya bisa untuk satu hektare lahan. Selain itu juga bagus untuk tanah, agar lahan petani yang juga jadi masalah setiap tahunnya,” ungkap Gus Haris.

Sementara itu, Wagub Jatim mengatakan, jika kerjasama pihak HKTI Kabupaten Probolinggo dan PCNU Kabupaten Situbondo sangat cemerlang. Selain bermanfaat besar bagi para petani, kerjasama tersebut juga bisa mengangkat produk dari NU sendiri.

“Karena membangun kemandirian umat juga menjadi cita-cita NU salah satunya dengan ada inovasi ini. Tapi pihak HKTI dan PCNU tidak hanya sampai pada kerjasama ini, tapi juga bagaimana agar kiranya petani khususnya di Probolinggo mau menggunakan produk ini,” tutur Emil. (*)

Baca Juga  Kapolresta: Seluruh Gereja Terapkan Prokes Ketat Saat Natal

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …