BPBD Prediksi Puncak Musim Hujan Berakhir Awal April

Kraksaan,- Akhir-akhir ini curah hujan di Kabupaten Probolinggo masih terbilang cukup tinggi. Namun kondisi ini diprediksi hanya bakal berlangsung hingga awal April 2022 ini.

Anggota Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Kabupaten Probolinggo, Silvia Ferdiana, wilayah Kabupaten Probolinggo memang saat ini masih ada hujan, namun intensitasnya sudah mulai menurun.

Menurutnya, dengan intensitas hujan yang mulai berkurang, diprediksi puncak hujan di Kabupaten Probolinggo akan berakhir pada awal April 2022 atau setidaknya dalam 3 pekan kedepan.

“Untuk bulan April intensitas hujan berkurang, tetapi tidak menutup kemungkinan masih ada hujan dikarenakan beberapa faktor,” katanya saat dihubungi via jaringan seluler, Senin ( 21/3/22).

Dijelaskannya, dalam peta perkiraan hujan milik BPBD Kabupaten Probolinggo, ada 4 titik indikator, yaitu rendah, menengah, tinggi dan sangat tinggi. Pada April ini, wilayah Probolinggo berada di titik menengah.

Prediksi itu, imbuhnya, juga berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jawa Timur melalui data sebaran cuaca. Alhasil, ia optimis puncak musim hujan di wilayah Kabupaten Probolinggo bakal segera berakhir.

“Probolinggo di bulan April diprediksi berada di titik menengah, dalam artian akan ada hujan namun intensitasnya tidak tinggi seperti pada bulan Maret,” Silvia menjelaskan.

Ia menegaskan, pada Maret ini wilayah Kabupaten Probolinggo masih berada di titik tinggi. “Menginjak akhir bulan, intensitas hujan akan menurun dan wilayah Kabupaten Probolinggo akan berada di titik menengah,” pungkasnya. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

 

 

Baca Juga  Asyik Pasang Kanopi, 2 Pekerja Tersengat Listrik

Baca Juga

Atasi Sampah Overload, Pemkot Probolinggo Gandeng BRIN

Probolinggo,- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bestari menjadi tempat pengolahan sampah yang vital bagi Kota Probolinggo. …