Harga Kedelai Melambung, Perajin Perkecil Ukuran Tahu

Probolinggo – Naiknya harga kedelai berdampak kepada pengusaha tahu dan tempe. Para pengusaha tahu di Kelurahan Pakistaji, Kota Proboblinggo menyiasatinya dengan memperkecil ukuran dan mengurangi takaran tahunya.

Hafit Efendi (40), pengusaha tahun di Jalan Profesor Hamka, Kelurahan Pakistaji, Kecamatan Wonoasih berusaga tetap berpoduksi. Agar pabriknya tetap bertahan ia terpaksa mengambil langkah penghematan.

Langkah tersebut yakni, memperkecil ukuran tahu yang dijual dan mengurangi takaran atau campuran kedelai. Tak sampai di situ, Hapit terpaksa merumahkan tiga pekerjanya.

“Upaya ini saya lakukan, karena harga kedelai yang semakin mahal. Tak hanya itu, dalam sehari saya juga mengurangi penggunakan kedelai, dari 4,5 kuintal 3 sampai 3,5 kuintal kedelai,” ujarnya, Senin (21/2/2022).

Meski stok kedelai hingga saat ini masih tersedia, namun harganya melambung hingga mencapai Rp11 ribu per kilogram/Kg dari sebelumnya Rp 9 ribu.

Dengan upaya ini, pabrik tahu ini hingga sekarang masih beroperasi dan dapat memenuhi kebutuhan tahu untuk wilayah Kecamatan Wonoasih dan sekitarnya.

“Saya berharap ada sidak yang dilakukan oleh petugas karena disinyalir ada penimbunan kedelai yang membuat harga naik, meskipun persediaan masih tersedia,” imbuhnya.

Sementara, Sunarsih, pembeli tahu asal Desa Jorongan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo mengatakan, sejak kedelai naik, harga tahu juga naik. Di mana, satu kotak tahu seharga Rp15 ribu naik menjadi Rp26 ribu.

“Imbas harga kedelai naik, harga tahu yang saya beli juga naik. Tahu yang saya beli untuk campuran cilok yang saya jual. Saya berharap, harga kedelai ini dapat kembali turun, sehingga harga tahu juga ikut turun,” ujarmya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Sniper Bertebaran Awasi Kriminalitas di Kota Probolinggo

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …