ABK Berstatus PDP Dimakamkan dengan Protokol Kesehatan

PROBOLINGGO-PANTURA7.com. Seorang anak buah kapal (ABK) berinisial MS (33) asal Kelurahan Gunung Woka, Kecamatan Lembeh Utara, Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) meninggal dunia di Kota Probolinggo. Karena sebelumnya dirawat di RSUD dr Moh. Saleh, Kota Probolinggo dalam status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) pemakamannya menerapkan protokol kesehatan.

Jenazah MS yang meninggal dunia, Senin malam (20/4/2020) akhirnya dimakamkan di pemakaman umum di Kopian Barat, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo, Selasa pagi (21/4/2020).

Selain untuk masyarakat umum, pemakaman tersebut oleh Pemkot Probolinggo dicanangkan untuk menguburkan jenazah pasien Covid-19. Memang MS baru berstatus PDP karena hasil tes kesehatannya belum diketahui.

Para petugas yang membawa jenazah MS dari kamar mayat RSUD hingga pemakaman, mengenakan Alat Pelindung Diri (APD) sebagaimana standar penanganan pasien Covid-19.

Informasi yang didapat, MS dan temannya, Jh, keduanya ABK Kapal Motor (KM) Bahari Mina Makmur milik PT. Kelola Mina Internasional itu sempat memeriksakan diri di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Probolinggo. Hasilnya, diketahui asam lambung tinggi, sesak napas dan trombosit tinggi.

Pihak KKP kemudian merujuk MS dan Jh RSUD dr Moh. Saleh, Kota Probolinggo untuk perawatan lebih lanjut. Sekitar pukul 22.00, MS meninggal dunia, sementara Jh (41), warga Kelurahan Kelapa Dua Kecamatan Lembeh Selatan, Kota Bitung, Sulut masih dirawat di RSUD milik Pemkot Probolinggo.

Selama ini MS dan Jh bekerja menjahit jaring kapal di dermaga Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan, Kota Probolinggo. Pengurus KM Bahari Mina Makmur, Susan mengatakan, di sela-sela bekerja, kedua ABK itu mengonsumsi alkohol (minuman keras) selama dua hari berturut-turu tanpa makan.

“Keluarga MS yang kami hubungi, menyerahkan proses pemakaman kepada Pemerintah Kota Probolinggo,” kata Komandan Pos Angkatan Laut (Dan Pos AL) Mayangan, Peltu Mes Agus Suyono, Selasa siang. (*)

Baca Juga  Curi PS-Rokok, Pemuda Ini Dikerangkeng


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Muhammad Rizal


Baca Juga

Angkutan Lebaran 2024, Terminal Bayuangga Berangkatkan 89 Ribu Penumpang

Probolinggo,- Selama angkutan lebaran H-7 hingga H+4, Terminal Bayuangga Kota Probolinggo telah memberangkatkan 89 ribu …