Ingin Tetap Sehat dan Bugar Selama Puasa? Ini Tipsnya

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Bulan penuh berkah yang dinantikan umat islam, yakni Bulan Ramadhan akhirnya tiba juga. Namun Bulan Ramadhan kali ini, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena bersamaan dengan pandemi corona virus disease 2019 (Covid-19).

Menjalani aktivitas Ramadhan di tengah wabah Corona tentunya tidak mudah. Oleh karena itu, pastikan Anda untuk selalu menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit selama puasa.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Dilansir dari Muslim Ink, berikut tiga hal yang harus dilakukan agar tetap sehat selama bulan Ramadhan.

Minum air putih
Menjaga tubuh untuk tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu cara agar Anda tetap fit selama berpuasa. Cara terbaik untuk tetap terhidrasi adalah minum air sepanjang malam.

Tubuh rata-rata hanya mampu menyerap 8 hingga 10 ons air setiap 20 menit. Hindari mengonsumsi air terlalu banyak sekaligus karena hanya akan memperbesar keinginan untuk buang air kecil.

Ada baiknya minum air dalam porsi sedikit sepanjang malam. Anda bisa minum air saat buka puasa, setelah salat Magrib, sebelum salat isya, setelah tarawih, dan sebelum tidur. Atau, bisa juga untuk minum 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air setelah buka, dan 4 gelas air saat malam hari.

Konsumsi vitamin
Cara lain agar daya tahan tubuh tetap terjaga selama bulan puasa adalah dengan mengonsumsi vitamin. Tubuh membutuhkan 13 vitamin esensial agar berfungsi dengan baik untuk mengatur kinerja penting tubuh, yaitu vitamin A, B, C, D, E, K, B12, dan vitamin B kompleks.

Sebagian besar vitamin ini diperoleh oleh tubuh kita melalui makanan yang dikonsumsi, namun selama bulan Ramadhan jumlah makanan menurun secara signifikan. Jadi cobalah untuk mengonsumsi suplemen untuk menunjang daya tahan tubuh. Untuk memastikan Anda memilih jenis vitamin yang tepat, lihatlah label nutrisi.

Baca Juga  Hendak Sahur, Motor Warga Kraksaan Digondol Maling

Olahraga
Meskipun berpuasa, pastikan Anda juga tetap melakukan olahraga. Hal ini harus dilakukan agar tubuh tetap bugar selama bulan Ramadhan. Namun, pastikan jenis olahraga yang Anda lakukan adalah olahraga yang ringan. Setidaknya lakukanlah workout ringan selama 15 – 20 menit sebelum berbuka puasa.

Nah, itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar tubuh tetap sehat selama bulan Ramadhan. Tentu memiliki fisik yang sehat dan bugar saat menjani ibadah puasa, merupakan impian setiap muslim. (*)

Baca Juga

Seribuan Kasus DBD di Kab. Probolinggo jadi yang Tertinggi di Jatim

Probolinggo,- Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Kabupaten Probolinggo terbilang cukup banyak. Sepanjang tahun ini …