Efek Pemilu, 16 Penyelenggara Sakit, 2 Meninggal

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sepanjang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, ada 18 penyelenggara pemilu ambruk, bahkan 2 orang meninggal dunia di Kabupaten Probolinggo. Rata-rata, mereka meninggal dunia karena kelelahan dan sakit.

Dua orang yang meninggal dunia adalah Ajiz, anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Kecamatan Kuripan dan Lilan Suwandi, yang menjadi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Desa Ganting Wetan, Kecamatan Maron.

Penyelenggara yang sakit dan menjalani perawatan medis yakni, Shubur Arimansyah, PPS di Kecamatan Sukapura; Dini Agustiningsih, anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Tegalsiwalan; Mohamad Fatoni, staf sekretariat KPU dan Sholehuddin, KPPS Krejengan.

Sisanya Muhammad Kholil, KPPS Kecamatan Paiton; Samsul Arifin, PPS Kecamatan Tegalsiwalan; Novia Dini Rahmawati, PPK Kecamatan Tongas; Dul Hari, PPK Desa Liprak Kulon; Siti Aisyah, KPPS Kecamatan Sukapura; serta Nurul Huda, KPPS Desa Jangkang.

Selain itu, ada Taufiqur Rahman, KPPS Desa Sumberan; Ida Mustafia, PPS Kecamatan Paiton; Weni Tria Rosanti KPPS di Desa Gebangan; Rofik Wahyudi PAM TPS di Desa Pendil; Robi Rabson PPK Banyuanyar; terakhir Nur Rahmad Yulianto, KPPS Desa Kalisalam.

“Semua petugas yang sakit rata-rata mengeluh karena capek. Jelas, karena pekerjaan kali ini diatas kewajaran,” kata Ketua KPU Kabupaten Probolinggo, Lukman Hakim, Senin (29/4/2019).

Atas kejadian itu, lanjut Lukman, pihaknya mengaku amat prihatin. Pihaknya juga menyiapkan santunan bagi penyelenggara pemilu, baik tingkat KPPS, PPS dan PPK yang sakit dan gugur dalam pemilu.

“Sedang kami koordinasikan dengan KPU Provinsi Jatim. Selanjutnya akan kami data kembali anggota yang sakit dan yang meninggal dunia,” Lukman menjelaskan. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga  Tepat 17 Agustus, Lahir 16 Bayi di Probolinggo

Baca Juga

Antisipasi Kerawanan Jelang Pilkada, Anggota Linmas Jalani Pelatihan

Probolinggo,- Puluhan petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas) Kelurahan Wonoasih, Kota Probolinggo, Rabu (24/4/24) mendapat pelatihan dari …