Bumikan Al-qur’an, Yaruthab Gelar Ngaji On The Road

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Yayasan Rumah Tahfidz Probolinggo (Yaruthab) mengajak masyarakat membumikan al-qu’ran melalui ‘Ngaji On The Road’. Kegiatan ngaji bareng di jalan ini mulai dipopulerkan, Minggu (28/4/2019), di arena car free day alun alun Kota Probolinggo.

Ketua panitia pelaksana, Ulil Nanda Putra (21) menjelaskan, ‘Ngaji On The Road’ bertujuan memupuk kecintaan masyarakat terhadap al-qur’an. Oleh karena itu, pihaknya merangkul semua kalangan dari segala kelompok usia dan latar belakang agar mau belajar al-quran.

“Sebab masih banyak masyarakat yang buta al-quran, kami mengajak semua kalangan untuk belajar al-qur’an bersama-sama,” kata Ulil kepada PANTURA7.com, Senin (29/4/2019).

Suasana ngaji jalanan yang diinisiasi oleh Yaruthab Probolinggo. (Foto : Yaruthab for P7.com).

Selain pengurus Yaruthab, papar Ulil, pihaknya juga menggandeng komunitas lain diantaranya Rijalul Quran (RQ), Vixion Probolinggo Community (VPC) dan Peduli Sesama Indonesia (PSI). “Juga ada Komunitas Pemuda Produktif Probolinggo (KOPPI),” jelasnya.

Untuk waktu pelaksanaan, imbuh Ulil, digelar setiap hari Minggu dari pukul 07.00 hingga 09.00 WIB di trotoar Alun-alun Kota Probolinggo. “Start tanggal 28 kemarin, seterusnya kegiatan ini akan kami gelar rutin,” Ulil menjelaskan.

Meski masih seumur jagung, namun ngaji jalanan ini menyedot animo masyakarat untuk ikut mengaji. Tak terkecuali seorang hafidz berusia 17 tahun, Ulil Abdlilah. Menurutnya, belajar al-qur’an tak sesulit yang dibayangkan melainkan tergantung keseriusan.

“Belajar al-quran itu sangat mudah jika diiringi dengan niat yang baik dan kemauan yang bersungguh sungguh,” terang remaja penghafal 30 juz al-qur’an itu.

Tak ketinggalan, masyarakat sekitar pun nampak antusias menyambut kegiatan religi tersebut. Ada yang hanya melihat, mendengar hafidz dan hafidzah melantunkan al-qur’an hingga ikut mengaji di trotoar.

“Kegiatan ini sangat bagus, sebab bisa jadi anak muda yang baru tobat malu untuk masuk masjid. Tetapi mereka mau datang ke jalan dan mengaji,” puji salah seorang warga, Naima. (*)

Baca Juga  Pengawasan di Stadion Gelora Merdeka Diperketat

 

 

Penulis : Moh. Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

Prediksi Baznas Kabupaten Probolinggo, Beras Zakat Fitrah Bakal Tembus 22 Ton

Probolinggo,- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo terus membuka pintu bagi warga muslim yang …