Rumah warga yang rusak setelah terjadinya hujan lebat, Minggu (28/4/2019). (Foto : BPBD Kabupaten Probolinggo for P7.com).

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Hujan deras yang terjadi pada Minggu (28/4/2019) sore hingga malam, mengakibatkan empat titik di wilayah Kabupaten Probolinggo mengalami longsor. Meski demikian, tidak ada korban dalam musibah ini.

Informasi yang diperoleh PANTURA7.com dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, empat titik tersebut ialah, Desa Sapih di Kecamatan Lumbang, lalu Desa Pandan Sari, Wonokerso dan Sumberanom di Kecamatan Sumber.

Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi mengatakan, tanah longsor yang terjadi juga mengakibatkan rumah milik Sulastro dan Asri Nurmala di Dusun Sapih RT 07, Desa Pandan Sari, rusak parah.

“Tetapi tidak ada korban jiwa. Di Desa Wonokerso juga ada longsor yang mengakibatkan mobil milik anggota kami (BPBD, red) hampir tertimbun,” kata Anggit, Senin (29/4/2019).

Tak hanya itu, lanjut Anggit, cuaca ekstrem ini juga mengakibatkan infrastruktur di Dusun Curahkendil Desa Sumberanom, Kecamatan Sumber, Kabupaten Probolinggo rusak.

“Bahu jalan amblas, sehingga jalan menuju Sumberanom-Wonokerso terancam tidak bisa dilewati. Hingga kini, kami masih melakukan assessment untuk penanganan daruratnya,” ujar Anggit.

Atas kejadian ini, Anggit mengimbau seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo, khususnya warga yang tinggal di kawasan rawan bencana selalu waspada. Sebab, curah hujan yang masih tinggi, berpotensi menimbulkan longsor susulan.

“Karena dampak cuaca ekstrem ini tidak bisa ditebak, bisa terjadi kapan saja. Jadi kami harap, masyarakat meningkatkan kewaspadaan” imbau Anggit. (*)

 

 

Penulis : Moh Ahsan Faradies

Editor : Efendi Muhammad

Facebook Comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here