Pasien Covid-19 di Probolinggo Didominasi Warga Luar Daerah

PROBOLINGGO,- Jumlah kecamatan dengan status zona merah terkait penyebaran Covid-19 di Kabupaten Probolinggo bertambah lagi. Jika sehari sebelumnya, adalah Kecamatan Kraksaan, kini giliran Kecamatan Dringu sudah berstatus zona merah dengan jumlah 11 orang terkonfirmasi positif Covid-19.

Sesuai peta sebaran Covid-19 yang dirilis Dinas Kesehatan (Dinkes), Rabu (9/2/2022) kemarin, pasien Covid-19 bertambah 16 orang. Sehingga total keseluruhan pasien terkonfirmasi sebanyak 77 orang yang saat ini dirawat dan diisolasi.

Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, dr. Dewi Vironica mengatakan, bertambahnya kecamatan zona merah itu karena memang jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 meningkat dan secara otomatis status zona juga berubah.

“Kalau untuk warga di dua kecamatan yang saat ini zona merah ini sama seperti sebelumnya, sebagian pasien berdomisili di luar Kabupaten Probolinggo yang terkonfirmasi di luar daerah sehingga datanya masuk ke kami,” kata dr. Viro, Kamis (10/2/2022).

Termasuk yang dari Kecamatan Dringu itu, lanjut dr. Viro, dimana terdapat satu keluarga yang berdomisili di Jakarta, dan mereka terkonfirmasi positif Covid-19. Ini karena Kartu Tanda Penduduk (KTP) mereka masih Kabupaten Probolinggo, jadi masuk di data satgas setempat.

“Ya meskipun berdomisili di luar daerah tapi kalau KTP masih Kabupaten Probolinggo otomatis yang bersangkutan masuk pada daftar di Kabupaten Probolinggo. Karena data saat entry itu akan sesuai dengan KTP-nya,” ungkap perempuan kelahiran Balikpapan ini.

Sekadar informasi, selain dua kecamatan zona merah yakni Kraksaan dengan 15 pasien dan Dringu dengan 11 pasien. Selain itu terdapat tiga kecamatan zona orange yaitu, Paiton dengan 8 pasien, Sumberasih dengan 6 pasien dan Gending 10 orang. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Perangi Covid-19, Rumah Ibadah Hingga Pabrik Disterilkan

Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …