Terangi Jalan Kabupaten, Dishub Butuh 7.000 PJU

KRAKSAAN,- Sebanyak 22 Penerangan Jalan Umum (PJU) baru di median jalan jalur pantura Kota Kraksaan masih dalam proses pemasangan. Pemasangan dimulai Jumat (12/11/2021). Sudah sekitar 10 PJU dipasang oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo.

Meski begitu, dengan terpasangnya puluhan PJU baru di Kota Kraksaan itu masih menyisakan pekerjaan rumah (PR) bagi Dishub Kabupaten Probolinggo. Yakni, untuk jalan-jalan kabupaten di daerah lainnya yang sejauh ini masih banyak ditemukan jalan gelap gulita.

Kadishub Kabupaten Probolinggo, Taufiq Alami mengatakan, sejauh ini kurang lebih ada sekitar 400 PJU di jalan kabupaten yang terpasang. Dari jumlah itu, terhitung sebanyak 300 PJU itu berada di jalan kabupaten Kota Kraksaan dan sisanya tersebar di daerah lainnya.

“Jadi ini yang menjadi PR kita di tahun anggaran mendatang. Bayangkan saja, berapa luasnya jalan di kabupaten, tapi hanya 400 PJU yang terpenuhi dan itu pun sebanyak 300 PJU terfokus di Kota Kraksaan,” kata Taufiq, Minggu (14/11/2021).

Sejatinya, lanjut Taufiq, untuk kebutuhan PJU di Kabupaten Probolinggo, itu diperkirakan sekitar 7.400 PJU. Jika semuanya terpenuhi maka sudah mustahil warga setempat atau pun pengguna jalan kabupaten mengeluhkan penerangan jalan.

“Jadi PR kami untuk menerangkan jalan di kabupaten itu masih kurang sebanyak 7.000 PJU. Dan ini masih diupayakan masuk di anggaran tahun depan. Tapi masih kami upayakan loh ya, belum pasti juga kalau kebutuhannya ya ribuan PJU, yang mendesak itu 4.000,” tutur Taufiq.

Sekadar informasi, pergantian 22 PJU baru ini untuk jalan kabupaten Kota Kraksaan, Dishub setempat menggelontorkan total anggaran sekitar Rp731 juta. Untuk tiang PJU yang dibeli itu model stainless (anti karat) dengan lampu per titik mecapai 180 Watt. (*)

Baca Juga  Paripurna Akhir, Raperda APBD 2022 Disahkan

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Videotron Alun-alun Kraksaan akan Diganti, Pemkab Probolinggo Rogoh Rp2 M

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo berencana mengganti videotron di Alun-alun Kraksaan. Pasalnya, videotron tersebut sudah …