Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem, ini Langkah Wali Kota Gus Ipul

PASURUAN,- Badan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda Jawa Timur, telah mengeluarkan surat peringatan dini untuk beberapa daerah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem dalam menghadapi musim penghujan kali ini.

Menanggapi hal itu, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, meminta semua pihak di wilayahnya zelalu siaga dalam mengantisipasi potensi cuaca ekstrem sebagaimana prediksi BMKG.

Instruksi yang dikeluarkan Gus Ipul, terdiri dari empat hal. Yakni memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan dinas terkait lainnya segera memeriksa dan memangkas ranting pun pohon yang rawan tumbang.

Selain itu, Gus Ipul juga menginstruksikan agar jajarannya melakukan pembersihan seluruh saluran air yang ada di Kota Pasuruan.

“Seluruh papan reklame, baliho, spanduk, poster dan sejenisnya yang rawan roboh juga harus dicek dan ditertibkan,” kata Gus Ipul, Senin (8/11/21).

Tidak ketinggalan, Gus Ipul juga menginstruksikan kepada BPBD dan Dinas terkait untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat selalu waspada dan tanggap bencana.

Kemudian secara khusus, Gus Ipul, meminta kepada Dinas Sosial, camat dan lurah di Kota Pasuruan agar mengefektifkan proses pemberian bantuan kebencanaan kepada warga terdampak.

“Jika ada bencana, jangan sampai bantuan terlambat hanya karena masalah administrasi. Masalah ini harus diselesaikan,” pinta Gus Ipul.

Posko kebencanaan di semua wilayah, imbuh Gus Ipul, juga harus diaktifkan. “Sehingga mempermudah penanganan bencana jika terjadi cuaca ekstrem,” paparnya. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Albafillah

Baca Juga  Arus Balik, Pintu Masuk Tol Kejapanan Disesaki Pemudik

Baca Juga

TPT Ambrol Kali Kertosono Baru Bisa Diperbaiki Permanen Tahun Depan, ini Sebabnya

Probolinggo,- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelola Sumber Daya Air (PSDA) Jawa Timur Wilayah Sungai (WS) …