Harga Cabai Rawit Kian Anjlok, Kini Rp10 Ribu/Kg

PROBOLINGGO,- Harga Cabai rawit di Kota Probolinggo kian murah. Setelah pekan lalu harga jualnya turun hingga kisaran Rp16 ribu per kilogram (Kg), kini harga komoditas dapur itu kembali turun.

Pantauan PANTURA7.com di Pasar Baru Kota Probolinggo, Kamis (26/8/21), harga cabai rawit kini hanya Rp10 ribu/Kg. Menurut pedagang, anjloknya harga cabai rawit dipicu oleh melimpahnya kiriman dari distributor atau petani.

“Karena stok melimpah, banyak pedagang yang menjual dengan murah. Namun demikian, pedagang tidak berani kulak cabai rawit dengan jumlah banyak, khawatir membusuk,” ujar pedagang cabai di Pasar Baru, Kholifah.

Turunnya harga cabai rawit juga diikuti komoditas lain. Diantaranya cabai kecil hijau yang saat ini harga jualnya kisaran Rp9 ribu/Kg. Padahal sebelumnya, harga cabai hijau Rp13 ribu/Kg.

Selanjutnya, bawang putih turun dari Rp23 ribu/Kg menjadi Rp22 ribu/Kg. Lalu tomat yang pekan lalu masih Rp20 ribu/Kg, kini hanya dijual seharga Rp12 ribu/Kg saja.

Anjloknya harga jual sejumlah komoditas dapur ini diduga terjadi lantaran petani sedang panen raya. Alhasil stok melimpah ruah sehingga mempengaruhi harga jual di pasaran.

“Alhamdulillah, turunnya harga komoditas ini juga dibarengi dengan minat konsumen yang lumayan tinggi. Berbanding terbalik saat harga cabai mahal, konsumennya sedikit,” imbuh Kholifah.

Pembeli cabai rawit, Yuliati mengatakan, ia cukup senang dengan turunnya harga sejumlah komoditas dapur, seperti cabai. Sebab amat membantu anggaran belanja, terutama bagi pelaku usaha kuliner.

“Harapan saya, harga komoditas dapur ini tidak kembali naik sehingga masyarakat, khususnya pelaku usaha kuliner tidak mengeluarkan biaya ekstra hanya untuk membeli cabai,” urai wanita asal Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Mayangan ini. (*)

 

 

Editor: Efendi Muhammad

Baca Juga  7 Sapi di Banyuanyar Raib Hanya Semalam, 3 Ditemukan

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …