TURUN HARGA: Pedagang Pasar Baru, Kota Probolinggo melayani pembeli. (foto: Hafis Rozani)

Dua Pekan Pasca Lebaran, Harga Sejumlah Komoditas Turun

Probolinggo,- Dua pekan pasca hari raya Idul Fitri, sejumlah harga komoditas terpantau turun. Salah satu komoditas tersebut, cabai rawit, yang saat ini harganya anjlok.

Pantauan PANTURA7.com, sejumlah komoditas tersebut yang harganya turun yakni, cabai rawit. Saat ini harganya Rp25 ribu per kilogram (kg) sebelumnya Rp50 ribu per kg. Selanjutnya cabai besar merah yang mencapai Rp20 ribu dari sebelumnya Rp50 ribu per kg.

“Anjloknya harga cabai ini sudah dimulai sejak tiga hari setelah hari raya Idul Fitri. Di mana saat bulan Ramadhan hingga Idul Fitri harga cabai ini mencapai 50 ribu per kilo,” ujar Suliana, pedagang Pasar Baru asal Kanigaran, Sabtu (6/5/2023).

Komoditas lain yang harganya turun adalah tomat. Saat ini harganya Rp12 ribu dari sebelumnya Rp15 ribu per kg. Menurut pedagang, turunnya harga ini selain pasokan melimpah, juga karena bulan Ramadhan telah usai. Pada bulan tersebut banyak warga membeli komiditas tersebut.

“Saat ini pasokan khususnya cabai sudah banyak, serta bulan Ramadhan usai di mana banyak warga yang berbelanja saat bulan Ramadhan,” imbuhnya.

Selain itu ada komoditas yang harganya fluktuatif yakni daging ayam, yang mencapai Rp34 ribu padahal sebelumnya mencapai Rp35 ribu hingga Rp45 ribu per kg.

“Untuk harga daging ayam ini naik turun, saat lebaran sempat Rp45 ribu, namun kemudian turun ke Rp35 ribu hingga Rp33 ribu per kilo, namun hari ini naik lagi Rp34 ribu per kilo,” ujar Musdalifah, pedagang daging ayam. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R.

Baca Juga  Nekat Konvoi di Malam Tahun Baru, Tilang Menanti

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …