PPKM Diperpanjang, Harga Komoditas Dapur Tidak Stabil

MAYANGAN,- Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), membuat harga komoditas dapur seperti lauk-pauk dan sayuran di pasar tradisional di Kota Probolinggo tidak stabil.

Pantauan PANTURA7.com di Pasar Baru Kota Probolinggo, Rabu (11/8/21), sejumlah komoditas yang naik harga diantaranya daging ayam broiler yang saat ini harganya mencapai Rp34 ribu per kilogram (Kg). Padahal sebelumnya, harga daging ayam broiler hanya Rp25 ribu/Kg.

Sementara, harga ayam kampung naik Rp10 ribu/Kg. Jika sebelumnya hanya Rp60 ribu/Kg, maka saat ini harga jual ayam kampung yang dipajang pedagang di lapaknya sebesar Rp70 ribu/Kg.

“Naiknya harga daging ayam ini sudah sejak beberapa hari yang lalu, biasanya kalau pasokan ayam berkurang harga ayam naik. Namun saat ini pasokannya masih normal, katanya harga naik memang sudah dari distributornya,” kata salah seorang pedagang ayam, Salama.

Tak hanya daging ayam, komoditas bumbu dapur juga mengalami kenaikan. Contohnya merica yang saat ini harga jualnya di tingkat pedagang Rp96 ribu/Kg. Sebelumnya, harga merica hanya Rp80 ribu/Kg.

Menariknya, tak semua komoditas dapur naik. Harga tomat justru turun, dari sebelumnya Rp20 ribu/Kg kini turun menjadi Rp17 ribu/Kg. Meski demikian, harga jual tomat dinilai masih tinggi.

Lalu, harga cabai rawit saat ini hanya seharga Rp5 ribu/Kg. Padahal beberapa pekan sebelumnya, harga komoditas utama pembuatan sambal ini Rp80 ribu/Kg.

Jahe merah yang pada awal masa pandemi banyak dicari hingga harganya meroket jadi Rp60 ribu/Kg, saat ini hanya Rp20 ribu/Kg. Sedangkan harga jahe besar terjun bebas dari Rp40 ribu/Kg menjadi Rp15 ribu/Kg.

“Naik dan turunnya komoditas ini terjadi karena sejumlah wilayah masih PPKM sehingga pasokan baik ke pedagang atau distributor agak tersendat,” kata pedagang lainnya di Pasar Baru, Khofifah. (*)

Baca Juga  Jelang Lebaran, Jalanan Kota Probolinggo Sesak

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …