Gudang Tembakau Belum Buka, Dijual ke Pedagang Harga Anjlok

PROBOLINGGO,- Ketika gudang tembakau milik pabrik rokok belum dibuka, sejumlah petani tembakau di Kabupaten Probolinggo sudah mulai panen. Para petani yang sudah panen tembakau di antaranya di Kecamatan Besuk, Krejengan, Paiton, Kotaanyar, dan Kecamatan Pakuniran.

Bahkan, sebagian petani sudah tuntas masa panennya. Namun hingga saat ini belum ada gudang tembakau yang buka.

Sehingga hal itupun menyebabkan harga jual tembakau anjlok berada pada kisaran Rp25-28 ribu per kilogram (kg).

Lukman Hakim, petani di Kecamatan Kotaanyar mengatakan, meski gudang belum buka, sudah ada beberapa tengkulak yang berkeliling membeli tembakau. Namun harga penawarannya terbilang murah. Alasan tengkulak, karena gudang masih belum buka.

“Anjlok harganya, paling tinggi Rp28 ribu. Tengkulaknya tidak berani menawar mahal karena belum ada kepastian patokan harga dari gudang,” kata warga Desa Sambirampak Kidul itu, Rabu (11/8/2021).

Masa panen yang mendahuli dibukanya gudang tembakau, kata Lukman, tidak terlepas dari masa tanam yang lecih awal daripada anjuran Pemkab Probolinggo. Para petani sudah panen sejak April lalu, tujuannya terkait ketersediaan air. Pemerintah sendiri menganjurkan menanam sejak akhir Mei.

“Kalau tanam Mei, jaraknya terlalu jauh dengan musim hujan, akan kesulitan air. Akhirnya tembakau tidak tinggi, makanya saat ini sudah banyak yang selesai panen, karena memang awal tanamnya, meskipun harus menunggu gudang,” terangnya.

Menanggapi hal itu, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Probolinggo, Sugito mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akan melakukan sidak ke sejumlah gudang. Tujuannya untuk mendesak gudang segera membeli tembakau dari petani setempat.

“Insyaallah seminggu lagi atau pekan depan kami sidak. Tentu nanti kami akan koordinasikan dengan Disperindag (Dinas Perindustrian dan Perdagangan) untuk jadwalnya,” ujar politisi dari Partai Nasdem tersebut. (*)

Baca Juga  MUI Sebut Warga yang Meninggal Akibat Covid-19, Matinya Syahid

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : A. Zainullah FT

Baca Juga

Lelang Proyek di Pemkot Pasuruan Tuai Kritik, Massa Ancam Turun Jalan

Pasuruan,- Kebijakan proses lelang di Pemerintah Kota (Pemkot) Pasuruan tengah menjadi sorotan publik. Hal ini …