Pelantikan Kades Terpilih Digelar, Satgas Wanti-wanti Tak Ada Konvoi

PROBOLINGGO,- Pelantikan 61 kepala desa (kades) terpilih di Kabupaten Probolinggo di jadwalkan Senin (9/8/2021) mendatang. Dalam pelantikan tersebut terdapat banyak perubahan, di antaranya tidak menghadirkan seluruh kades yang akan dilantik.

Panitia Pilkades Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto mengatakan, pelantikan kades terpilih tetap dilaksanakan di rumah dinas Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari di Pendopo Prasadja Ngesti Wibawa di Kota Probolinggo dengan menghadirkan lima kades sebagai perwakilan.

Sedangkan 56 kades lainnya, menurut Ugas, dilakukan secara hibrid dan virtual di kantor kecamatan masing-masing dengan catatan tetap memperketat penerapan protokol kesehatan (prokes) tanpa dihadiri pihak mana pun yang tidak diundang.

“Undangannya hanya diberlakukan untuk forkopimka (forum koordinasi pimpinan kecamatan) saja. Sedangkan bagi kades yang akan dilantik harus swab antigen dulu maksimal sehari sebelum dilantik, baik di pendopo atau di kantor kecamatan,” kata Ugas, Jumat (6/8/2021).

Di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 ini, lanjut Ugas, kebiasaan yang sudah jadi budaya seperti konvoi kemenangan pendukung kades sangat dilarang baik itu bersifat tasyakuran atau kawalan yang mengundang kerumunan massa.

“Sehari sebelum dilantik persyaratannya memang harus swab antigen dan jika hasil swabnya reaktif maka disaran untuk mengikuti prosesi pelantikan di rumahnya. Untuk perayaan kami sarankan tidak konvoi, lebih baik bagi-bagi sembako dengan catatan tidak berkerumun,” ujar Ugas.

Jika larangan dilanggar oleh kades terpilih ataupun oleh pendukungnya, sambung Ugas, pihaknya tak segan-segan menindak tegas. Sebab panitia pilkades kabupaten sudah berkoordinasi dengan penegak hukum untuk penanganannya.

“Selain kami sudah berkoordinasi dengan pihak satgas kecamatan dan kepolisian untuk membubarkan konvoi itu, ada sanksi tegas selain pembubaran, yaitu penundaan pencairan DD (Dana Desa),” tegas pria yang sekaligus Kepala Bakesbangpol Kabupaten Probolinggo itu. (*)

Baca Juga  Kerja Bengkel dan Edarkan Pil Koplo, Warga Banyuanyar Dibekuk

 

Editor : Ikhsan Mahmudi

Publisher : Albafillah

Baca Juga

Pemkab Lumajang Kebut Normalisasi Kawasan Terdampak Banjir Lahar Hujan Semeru

Lumajang,- Proses normalisasi kawasan terdampak banjir lahar hujan Gunung Semeru terus dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) …