Semangat Merah Putih ala Nelayan, Ganti Bendera Usang dengan Bendera Baru

MAYANGAN,- Kemeriahan merah putih tidak hanya di darat. Di laut pun, merah putih berkibar semarak menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 76.

Kemeriahan itu nampak kala Polairud Polres Probolinggo bersama Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP), mengibarkan bendera merah putih diatas kapal-kapal nelayan yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Tembaga Kota Probolinggo, Jum’at (6/08/21) pagi.

Sebelumnya, bendera-bendera nelayan yang sudah usang, diganti dengan bendera merah putih yang baru. Sejumlah bendera kapal nelayan yang digantu, diantaranya kapal Porsein dan Jonggrang.

“Penggantian bendera merah putih di kapal nelayan ini, karena kita lihat banyak bendera di kapal yang sudah usang. Penggantian bendera ini untuk menyambut dan memeriahkan hari kemerdekaan RI,” kata Kasat Polairud Polres Probolinggo, AKP Slamet Prayitno.

Tak hanya mengganti bendera merah putih yang usang, setelah bendera baru terpasang dan berkibar, petugas bersama nakhoda dan Anak Buah Kapal (ABK) kapal memberikan hormat bendera selama 10 detik.

“Kita berharap dengan penggantian bendera merah putih usang ini dapat meningkatkan jiwa nasionalisme para nelayan. Tidak hanya saat hari kemerdekaan saja namun dalam kehidupan sehari-hari,” imbuh Slamet.

Salah satu pemilik kapal, Muhammad mengatakan, bendera merah putih yang terpasang di kapalnya sudah 1 tahun tidak diganti. Penggantian bendera yang dilakukan petugas, tentu saja membuatnya senang.

“Ada bendera baru diatas kapal. Semoga hal ini dapat meningkatkan semangat dalam bekerja serta lebih cinta terhadap NKRI,” tutur warga Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo ini. (*)

 

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: Albafillah

Baca Juga  Pemkab Probolinggo Gratiskan 7 Ribu Alat Rapid Antigen Untuk Santri

Baca Juga

HPN PWI Jatim 2024 Digelar di Jember, Inilah Berbagai Kegiatannya

Jember,- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur tahun 2024 dipusatkan di Kabupaten Jember. Untuk …