Efek Pandemi, Penjualan Sapi Potong Sepi


,- Menjelang Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban 1442 Hijriah, harga sapi untuk hewan kurban di Pasar Gondang Wetan, Kecamatan Gondang Wetan, Kabupaten Pasuruan, mulai naik. Namun demikian, permintaan hewan kurban justru turun.

Kenaikan harga sapi ini, mulai naik sejak dua hari terakhir. Kenaikan harga sekitar dua hingga lima persen dari harga biasa.

“Harga sapi sekarang mulai naik. Ya biasa kalau mendekati hari raya kurban harganya memang naik,” kata Alfan Saifullah salah seorang pedagang sapi di Pasar Gondang Wetan, Selasa (13/7/2021).

Menurutnya, penjualan sapi tahun ini menurun karena terimbas pandemi. Biasanya, pada tahun-tahun sebelumnya, kurang seminggu hari raya kurban, warga yang mencari hewan kurban sudah banyak.

“Tahun ini sepi. Bisanya kalau menjelang idul adha sudah banyak pembeli dari daerah lain yang ke sini,” tandasnya.

Sebelum ada ada Covid-19, kata Saiful, pasar sapi diserbu pengunjung dari pagi hingga duhur. Namun sekarang ini, pada pukul 10.30 WIB saja pasar sudah sepi.

“Kalau yang lalu ya adzan dzuhur itu sudah siap siap pulang,” ungkap dia.

Lesunya penjualan sapi potong dibenarkan oleh Koordinator Pasar Gondang Wetan, Ahmad Sodik. Menurutnya, penurunan minat pembelian terjadi hingga 10 sampai 15 persen.

Penurunan ini, beber Sodik, memang karena pandemi. Apa lagi tahun ini ada penerapan PPKM Darurat yang aturannya sangat membatasi kegiatan masyarakat. “Semoga saja nanti bisa lebih laku lagi,” harapnya. (*)

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga  Antisipasi Dampak El Nino, Petani Padi Lumajang Beralih Tanam Jagung

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …