PPKM Darurat, Harga Cabai Rawit Melonjak

MAYANGAN,- Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat, berdampak terhadap naiknya harga sejumlah komoditas dapur di Kota Probolinggo. Sebab, komoditas dari luar daerah tidak leluasa masuk ke pasar lokal.

Pantauan PANTURA7.com, Senin (12/7/21), salah satu komoditas yang kini harganya meroket adalah cabai rawit merah. Di Pasar Baru Kota Probolinggo, harga komoditas ini menyentuh Rp70 ribu per kilogram (Kg).

Komoditas lain yang juga mengalami kenaikan harga adalah tomat. Saat ini harga bahan pelengkap sambal itu Rp 14 ribu/Kg. Padahal harga pekan pekan lalu hanya Rp5 ribu/Kg.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Baru, Suliana menduga, tingginya harga tomat dan cabai rawit disebabkan petani berkurang lantaran banyak tanaman petani yang rusak.

Kondisi itu, lanjut dia, diperparah dengan pemberlakuan PPKM Darurat di seluruh Pulau Jawa dan Bali. Alhasil, distribusi cabai dari luar ke pedagang di Kota Probolinggo tersendat.

“Selain cabai rawit, cabai kecil hijau juga naik yakni Rp30 ribu/Kg, sebelumnya Rp25 ribu/Kg. Cabai naik, pembeli juga menurun drastis, karena masyarakat kan tidak bisa keluar rumah,” paparnya.

Yang membuatnya bingung, sejumlah komoditas dapur justru mengalami penurunan harga jual. “Cabai merah besar dan cabai hijau besar saat ini hanya Rp15 ribu, padahal harga sebelumnya sempat Rp60 ribu/Kg,” keluhnya.

Pedagang lain, Hosnawiah mengatakan, naiknya harga cabai dan sepinya pembeli dikarenakan banyak pemilik usaha kuliner yang tutup karena aturan PPKM.

Selain itu, pedagang asal Kecamatan Wonoasih itu menambahkan, banyak warga yang enggan keluar rumah dan lebih memilih belanja di pedagang keliling.

“Saya berharap PPKM Darurat ini segera berakhir dan jalan-jalan dapat kembali di buka. Sejak PPKM diterapkan, omset penjualan pedagang turun drastis,” ucapnya. (*)

Baca Juga  Pendaftatan Ditutup, KPU Pastikan Partai Garuda Tak Bisa Ikut Pileg Probolinggo

Editor: Efendi Muhammad
Publisher: Albafillah

Baca Juga

Ada Pabrik Baru di Pasuruan, Siap Ciptakan Ribuan Lapangan Kerja

Pasuruan,– Kabar gembira datang dari Jawa Timur. Hari ini, Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy …