Konflik Agraria Probolinggo Menguap di Kongres PMII XX

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Probolinggo membawa misi khusus dalam kongres Pengurus Besar (PB) PMII ke XX, yang digelar di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, 17-20 Maret 2021.

Ketua Umum PC PMII Probolinggo, Solehuddin menyebut, kongres XX ini merupakan momentum tepat untuk memperjuangkan berbagai ketimpangan yang terjadi di daerah. Sebab dalam kesempatan itu, bisa dihasilkan rekomendasi untuk mengawal kaum lemah.

Kali ini, dijelaskan Solehudin, PC PMII Probolinggo bakal membawa konflik agraria yang terjadi di Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, ke dalam forum kongres.

“Konflik penyerobotan tanah menjadi bahasan yang akan kami munculkan dalam forum dua tahunan ini, khususnya yang terjadi di Desa Sumberlele,” kata Solehudin, Rabu (17/3/21).

Dikatakan Solehudin, dugaan penyerobotan tanah yang menimpa warga Desa Sumberlele merupakan persoalan serius yang harus segera diselesaikan.

“Kaum bawah selalu menjadi korban, dan PMII ada untuk mengawal terciptanya keadilan (bagi masyarakat bawah),” tegas Solehudin.

Sementara itu, Kepala Bidang Advokasi dan Hukum PC PMII Probolinggo, Zia Ulhaq mengungkapkan, ruang hidup di wilayah Probolinggo memang rentan dialihfungsikan.

“Warga Sumberlele telah menempati lahan yang dikuasai negara (Dinas PUPR, red), namun justru diklaim oleh salah satu pemodal untuk melakukan ekspansi usaha yang menyingkirkan masyarakat,” kecamnya.

Zia menambahkan, warga Desa Sumberlele merupakan kelompok masyarakat rentan. Padahal mereka merupakan pekerja informal yang seharusnya diperhatikan nasibnya secara serius oleh pemerintah.

“Kami berharap dalam kongres kali ini mampu menemukan formula untuk merespon dan menyikapi secara serius konflik agraria itu, demi kebaikan rakyat semata,” tutur dia. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Polisi Gerebek Tempat Potong Rambut di Paiton yang jadi Kedok Jual-beli Arak

Baca Juga

HPN PWI Jatim 2024 Digelar di Jember, Inilah Berbagai Kegiatannya

Jember,- Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Jawa Timur tahun 2024 dipusatkan di Kabupaten Jember. Untuk …