Salaman Lama, Jokowi ‘Sentil’ Habib Hadi

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Setelah meresmikan Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) di Gerbang Tol Probolinggo Timur, Joko Widodo  (Jokowi) langsung berkampanye di GOR Kedopok, Kota Probolinggo, Rabu (10/4/2019). Saat berorasi, Jokowi  “menyentil” Habib Hadi, sapaan akrab Walikota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin saat berjabat tangan (bersalaman).

“Tadi saya salaman erat banget sama Habib Hadi. Kalau bersalam erat dan lama tandanya 100 persen mendukung, tetapi kalau lemes, sebentar setengah-setengah,” ucap Jokowi disambut tawa hadirin.

Habib Hadi yang saat itu ia cuti sebagai Walikota Probolinggo  tampak ikut tertawa. Jokowi kemudia melanjutkan kalimatnya, “Nah itu tandanya Kota Probolinggo bisa menang termasuk Kabupaten Probolinggo pada 2019 nanti,”ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Ir. Joko Widodo bersama Khofifah Indar Parawansa saat menyambangi para pedagang di Pasar Wonoasih, Kota Probolinggo. (istimewa).

Diketahui Pilpres 2014 di Kota Probolinggo lalu, Jokowi yang saat itu berpasangan dengan Jusuf Kalla (JK) kalah dibandingkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Radjasa. Pada 2014 lalu, pasangan nomor urut 1 Prabowo-Hatta meraih 69.112 suara. Sementara pasangan nomor 2 Jokowi-JK meraup 58.149 suara atau ada selisih selisih 10.963 suara dibandingkan pesaingnya.

Secara rinci, Jokowi-JK hanya berhasil menang di Kecamatan Mayangan dengan perolehan 18.664 suara. Sedangkan Prabowo-Hatta meraup 16.645 suara.

Di empat kecamatan lainnya, yakni Kademangan, Kedopok, Wonoasih, dan Kanigaran, pasangan Jokowi-JK kalah. Di Kademangan, Prabowo-Hatta meraup 13.043 suara dan Jokowi-JK mendapat 10.230 suara.

Dalam kampanye yang juga dihadiri, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari dan sejumlah ulama, Jokowi juga menegaskan, agar masyarakat jangan mudah termakan isu hoaks. Seperti PKI, pendidikan agama akan dihapus.

Sebelum kampaye di GOR Kedopok, Jokowi sempat mampir ke Pasar Wonoasih. Ditemani Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Jokowi menyapa pedagang. Bahkan melihat kondisi Pasar Wonoasih yang kurang baik, hingga rencana rehabilitasi bangunan fisik pasar.

Baca Juga  Politisi Parpol 'Akar Rumput' Dominasi Bacaleg di Probolinggo

“Tadi Pak Jokowi mampir ke Pasar Wonoasih sempat beli tomat. Di depan pedagang dan pembeli, ada rencana rehabilitasi pasar. Ya semoga bias terealisasi demi kenyamanan para pedagang dan pembeli,” ucap Kepala UPT Pasar Wonoasih, M. Arif Billah.

Usai berkampanye, Jokowi beserta rombongan bertolak ke Surabaya lewat jalur darat untuk kemudian melaksanakan agenda selanjutnya. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga

Ketua Gerindra jadi Politisi Pertama Kembalikan Formulir Pendaftaran Bacawali Probolinggo via Nasdem

Probolinggo,- Ketua DPC Partai Gerindra Kota Probolinggo, dr Aminuddin, Minggu siang (5/5/24), mengembalikan formulir pendaftaran …