PMII Putri Unzah Galang Dana Banjir Dringu

KRAKSAAN-PANTURA7.com,Puluhan kader putri yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Universitas Zainul Hasan (Unzah) Genggong menggalang dana untuk korban banjir di Kecamatan Dringu.

Tak tanggung-tanggung, penggalangan dana di dua titik yaitu di Traffic Light Kelurahan Kraksaan Wetan dan Desa Sumberlele, Kecamatan Kraksaan itu, digelar sejak Rabu (10/3/2021) hingga Jumat (12/3/2021). Mereka mampu mengumpulkan dana sekitar Rp7 juta.

Nantinya seluruh hasil penggalangan dana yang dimulai sejak pukul 9.00 WIB sampai 15.00 WIB tersebut akan diserahkan warga terdampak banjir di beberapa desa di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo dalam empat hari terakhir.

“Alhamdulillah di hari pertama dan kedua itu terkumpul sekitar Rp3 jutaan dan di hari terakhir ini tidak nyangka dapat Rp7 juta meskipun hanya berbekal alat seadanya seperti kardus dan lain-lain,” kata salah satu anggota PMII Unzah, Lina Fajariyah.

Sebelum dana tersebut disalurkan kepada korban banjir, lanjut Lina, nanti terlebih dahulu dirapatkan bersama kepengurusan lainnya untuk memastikan apakah dana tersebut langsung diserahkan atau dibelikan beberapa peralatan dan kebutuhan warga terdampak banjir.

“Kalau memang keputusan antar pengurus sepakat beli peralatan yang dibutuhkan ya nantinya uang hasil galang dana itu akan kami belikan peralatan yang diperlukan warga, seperti selimut dan beberapa barang kebutuhan lainnya,” ungkap mahasiswi asal Situbondo ini.

Sekadar informasi, berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, sedikitnya ada 1.837 kepala keluarga (KK) dengan 5.692 jiwa yang terdampak banjir keempat, Senin petang.

Terinci, 529 keluarga (1.764 jiwa) di Desa Kedungdalem, dan sebanyak 901 keluarga (2.641 jiwa) di Desa Dringu. Di Desa Kalirejo, banjir menggenangi 350 keluarga (1.059 jiwa). Sementara di Desa Tegalrejo, tercatat 57 keluarga dengan 228 jiwa. (*)

Baca Juga  BPBD Ingatkan Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …