Gus Ipul Bakal Poles Mall Poncol jadi Mall Pelayanan Publik

PASURUAN-PANRURA7.com, Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) bakal memoles Mal Poncol di Jl. Pahlawan, Kota Pasuruan, menjadi Mal Pelayanan Publik (MPP) dan showroom produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Lantai atas menjadi Mall Pelayanan Publik 17 OPD yang nanti ada pelayanan satu atap. Jadi perijinan dan segala macam nanti akan ada di sini,” kata Gus Ipul saat mengecek kondisi Mall Poncol, Senin (08/03/2021) siang.

Jika Mall Pelayanan Publik bakal ditempatkan di lantai atas, maka menurut Gus Ipul, showroom produk UMKM direncanakan berada di lantai bawah.

Gus Ipul menambahkan, hari ini adalah kesempatan pertamanya dan wakilnya, Adi Wibowo, melihat ke dalam bangunan Mall Poncol, yang telah lama tidak dimanfaatkan.

Dalam kesempatan itu, sambung Gus Ipul, pihaknya juga ingin memastikan bahwa konstruksi bangunan aman. Karena informasi yang ia terima, ada kemiringan dan retak bangunan di tempat-tempat tertentu.

“Hari ini dicek bagian selatan ada yang cukup membahyakan. Pastinya bukan bangun utamanya, bangunan utamanya sementara ini aman. Cuma partisi-partisinya perlu ada yang dibongkar supaya aman,” bener dia.

Gus Ipul menyebut, kalau gedungnya sudah aman, maka nanti dinas terkait bakak menyusun perencanaan guna membangun sistem untuk layanan satu pintu, layanan digital, dan layanan yang bisa diakses oleh semua lapisan masyarakat dengan mudah.

“Targetnya diusahakan tahun ini (sudah terealisasi) dengan anggaran yang disiapkan Rp 1,8 Milyar,” terang mantan Wakil Gubernur Jawa Timur ini.

Gus Ipul berharap, dengan inovasi itu ia bisa mengangkat perekonomian Kota Pasuruan. Sebab dijelaskannya Gus Ipul, Mall Poncol lokasinya strategis karena terintegrasi dengn alun-alun, masjid, makam serta juga perdagangan dan jasa.

Baca Juga  Sepanjang 2021, Kasus Curanmor Dominasi di Probolinggo

“Jadi ini mengintegrasikan semuanya. Otomatis pusat oleh-oleh akan ada disini nanti,” tandas Gus Ipul. (*)


Editor: Efendi Muhammad
Publisher: A. Zainullah FT


Baca Juga

Berusia Hampir 3 Abad, Begini Sejarah Berdirinya Kabupaten Probolinggo

Probolinggo,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, menggelar upacara Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-278, Kamis (18/4/24) …