Banjir Dringu, 5.692 Warga Terdampak

DRINGU-PANTURA7.com, Banjir yang merendam pemukiman warga di wilayah Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo, telah surut. Banjir itu dirasakan oleh ribuan warga, yang harus rela rumahnya tergenang.

Plt. Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo mengatakan, ada 4 desa di Kecamatan Dringu yang terdampak banjir dengan warga terdampak total 5.692 orang.

“Rinciannya meliputi Desa Kedungdalem dengan korban 1764 jiwa, Desa Dringu 2641 jiwa, Desa Kalirejo 1.059 jiwa, dan Desa Tegalrejo dengan jumlah warga terdampak 228 jiwa,” kata Tutug, Selasa (9/3/2021).

Menurut Tutug, warga terdampak sudah dipasok bantuan sementara seperti nasi bungkus dan air mineral yang disuplai oleh relawan dari dapur umum. Sementara antisipasi jangka panjang masih dikoordinasikan antar sektor.

Koordinasi antara Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jatim dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo itu, sambung Tutug, juga terkait pembangunan kembali tanggul yang jebol dan rencana normalisasi sungai Kedunggaleng.

“Mudah-mudahan MoU antara Dinas PU Sumberdaya Air Provinsi Jatim dengan Pemkab Probolinggo segera terlaksana dan pembangunan tanggul juga cepat dilakukan,” imbuh mantan Kepala Diskominfo Kabupaten Probolinggo ini.

Selain itu, papar Tutug, pihaknya menekankan kepada Muspika di 3 kecamatan di wilayah selatan untuk segera memberi kabar jika terjadi hujan lebat yang berpotensi menyebabkan banjir.

“Untuk mengantisipasi banjir lagi, kami terus berkoordinasi dengan tiga kecamatan yakni Kecamatan Sumber, Kuripan, dan Bantaran untuk segera mengabari jika terjadi hujan deras,” ujarnya.

Salah satu warga terdampak banjir, Solekah menyebut, meski sudah surut namun pihaknya Kwatir banjir susulan terjadi. Jika demikian, jelasnya, maka bersih-bersih rumah yang ia lakukan bakal percuma.

“Akibat banjir kiriman kemarin, sebagian barang saya rusak, tembok dapur rumah juga rusak. Saya berharap agar pemerintah segera membangun tanggul agar banjir kiriman tak terjadi,” harap warga Desa Kedungdalem ini. (*)

Baca Juga  Mahasiswa Jember Tewas Tertabrak Truk Trailer

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Murni Kelalaian Pengendara, Penyelidikan Laka Moge Dihentikan

Probolinggo,- Polres Probolinggo Kota menghentikan penyelidikan kasus kecelakaan motor gede (moge) yang mengakibatkan dua orang …