Pengunjung Air Terjun Jaran Goyang Tewas, Dewan Segera Panggil Pengelola

PAJARAKAN-PANTURA7.com, Insiden tewasnya seorang pengunjung di Wisata Air Terjun Jaran Goyang, Desa Guyangan Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, membuat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) berang. Dewan meminta pihak terkait lebih memperhatikan ‘safety’, tidak hanya keuntungan semata.

“Kami sangat prihatin atas musibah tersebut, kami juga turut berbela sungkawa pada keluarga korban. Untuk penutupan wisata, kami kira tidak sampai ke situ, karena akan berdampak terhadap perekenomian warga,” kata Wakil Ketua DPRD setempat, Jon Junaedi, Senin (9/3/2020).

Pasca insiden itu, lanjut Jon, ada beberapa hal yang perlu dievaluasi dan harus segera diperbaiki. Terutama soal rute jalan dan kondisi di sekitar pusaran air terjun yang cukup berbahaya.

“Karena wisata air terjun di Desa Guyangan dan wisata lain di Kecamatan Tiris ini akan dipromosikan menjadi objek wisata yang nantinya bisa seramai Gunung Bromo, jadi harus ada perhatian lebih,” ungkap Jon.

Sebagai rencana tindaklanjut, sambung Jon, pihaknya akan berkoordinasi dengan Komisi D yang membidangi sektor pariwisata untuk segera memanggil pihak pengelola dan dinas terkait. Agar ke depannya, papar dia, kejadian serupa tidak terulang.

“Bisa saja, nanti kami akan panggil dinas terkait dan pihak pengelolanya, karena sesuai dengan tupoksi dewan sebagai fungsi pengawasan dengan komisi D yang membidangi pariwasata, untuk membahas soal wisatanya,” jelasnya.

Diketahui, pengunjung bernama Febri Yandinur Orsalbadat tenggelam di Air Terjun Guyangan, pada Rabu (4/3/2020) sekitar pukul 11.15 Wib. Ketika itu, korban sedang membasuh kaki sebelum tubuhnya dibawa aliran air terjun, yang kala itu deras pasca hujan lebat.

Insiden wisatawan tewas di Air Terjun Guyangan, tak hanya kali ini terjadi melainkan sudah yang kedua kali. Sebelumnya, petaka serupa terjadi pada Senin (31/12/2018) silam, yang merenggut nyawa Muhamad Afin Sudrajat (12) bocah desa setempat. (*)

Baca Juga  Wabup Timbul Mangkir, Paripurna DPRD Gaduh


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Pemkab Lumajang Susun Rehabilitasi dan Rekontruksi Pembangunan Pasca Bencana

Lumajang,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, terus berupaya mempercepat pemulihan pasca bencana banjir yang melanda sejumlah …