Sempat Meroket, Harga Bawang Merah Mulai Stabil

DRINGU-PANTURA7.com, Sempat meroket, harga bawang merah di Kabupaten Probolinggo mulai turun. Selain itu, stok komoditas dapur ini pasaran juga sudah melimpah.

Kepala Pasar Bawang Dringu, Sutaman menjelaskan, sejak dua hari ininharga bawang merah mulai menunjukkan harga normal. Harga bawang merah besar saat ini Rp 26 ribu, padahal sebelumnya diatas Rp 30 ribu per kilogram (Kg).

“Bawang merah ukuran sedang saat ini dijual kisaran Rp 21 ribu hingga Rp 22 ribu/Kg. Sedangkan bawang merah kecil berada di kisaran Rp 9 ribu sampai Rp 10 ribu/Kg,” terang Sutaman, Sabtu (6/3/2021).

Sutaman menjelaskan, selain harga yang mulai bersahabat, pasokan bawang merah dari petani juga cukup baik. Alhasil, stok bawang merah di Pasar Bawang pun cukup melimpah.

“Harga bawang merah mulai normal, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah. Saat ini sudah mulai banyak pembeli dari luar kota, stok bawang merah disini mencapai 27 ton, jadi sangat aman,” ujarnya.

Lantaran masih musim hujan, sambungnya, rata-rata bawang merah yang dijual petani masih kategori biasa, bukan kategori super. “Ya hanya besar saja, belum super,” ia menjelaskan.

Sutaman menyebut, membaiknya harga bawang merah juga diikuti oleh bibit bawang varietas biru lancor. Varietas ini kini diburu petani karena dinilai sangat cocok ditanam kala musim penghujan.

“Saat ini bibit barang merah banyak dicari karena petani bersiap memasuki masa tanam. Salah satunya varietas biru lancor banyak diburu petani, baik dari dalam maupun luar daerah Probolinggo,” beber Sutaman. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Nelayan-ABK Mayangan Tuntas Jalani Vaksinasi Tahap II

Baca Juga

Bawang Merah Probolinggo Tersisih di Kalimantan, Ternyata ini Sebabnya?

Probolinggo,- Bawang merah asal Probolinggo dan sejumlah daerah di Jawa dikabarkan tidak bisa masuk ke Kalimantan …