Vaksinasi Covid-19 di Kota Pasuruan Dimulai, Masyarakat Diminta Mengikuti

PASURUAN-PANTURA7.com, Sepuluh pejabat publik di Kota Pasuruan, hari ini disuntik vaksin Covid-19. Vaksinasi pejabat utama ini dilakukan di ruang rapat Untung Soeropati, Kantor Pemerintah Kota Pasuruan, Kamis (28/01/2021) pagi.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pasuruan, Shierly Marlena mengatakan, kegiatan itu menjadi tanda diawalinya vaksinasi massal di kota santri. Para pejabat publik yang divaksin, kata Shierly, bisa memberikan rasa percaya kepada masyarakat terkait Covid-19.

“Seluruh masyarakat Kota Pasuruan jangan ragu menerima vaksin Covid-19, karena sudah dipastikan aman dan halal karena sudah ada ijin dari BPOM dan MUI sudah mengeluarkan fatwanya untuk keamanan vaksin ini,” terang Shierly.

Shierly menambahkan, meski telah mengikuti vaksinasi namun masyarakat tidak boleh abai protokol kesehatan 3M. “Tetap disiplin mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker,” ujarnya.

Menurutnya, gejala efek samping yang timbul akibat vaksinasi ini biasanya ringan. Antara 0,1 sampai 1 persen jumlah kasus yang dilakukan pasca vaksinasi hanya nyeri dan bengkak pada bekas penyuntikan, demam atau badan lemas.

“Itu semua bisa diatasi. Kalau nyeri bisa dikompres air hangat, kalau demam dengan memanfaatkan obat atau alat penurun panas,” jelas Shierly. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Pasien Penuh, IGD RSUD Grati Tutup Layanan

Baca Juga

Angka Stunting di Lumajang Tinggi, Pimpinan Dewan: Penanganannya Harus Serius

Lumajang,- Wakil Ketua DPRD Lumajang, Bukasan, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang mengambil langkah-langkah strategis untuk …