Darurat Covid-19, Mahasiswa UPM Sebar Tempat Cuci Tangan

KADEMANGAN-PANTURA7.com, Mahasiswa Universitas Panca Marga (UPM) Probolinggo tidak tinggal diam menyikapi pandemi Covid-19, yang sudah hampir setahun ini terjadi. Mereka aktif membantu pemerintah menekan penyebaran virus asal Tiongkok itu.

Salah satunya dengan membagikan tempat cuci tangan di Terminal Bayuangga Kota Probolinggo. Fasilitas cuci tangan itu disalurkan oleh mahasiswa UPM yang sedang mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Kecamatan Kademangan.

“Ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19, yaitu dengan memasang sejumlah alat mencuci tangan di tempat umum,” kata Koordinator KKN UPM, Nur Halimah, Kamis (28/01/2021).

DARURAT COVID-19 : Mahasisiwa UPM Probolinggo ketika menyalurkan tempat cuci tangan kepada warga untuk menekan penyebaran Covid-19. (Foto : Tim Redaksi).

Terminal Bayuangga menjadi prioritas penyaluran tempat cuci tangan, karena menurut Nur Halimah, mobilitas warga di kawasan itu tergolong tinggi sehingga potensi penyebaran virus korona juga sangat tinggi.

Apalagi, imbuhnya, masih banyak masyarakat yang mengabaikan kebersihan tangan karena menganggap bahwa tangan yang bersih adalah tangan yang tampak bersih secara kasat atau tidak nampak kotoran serta noda di bagian telapak tangan.

“Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir merupakan cara paling sederhana yang efektif membantu melindungi tubuh dari patogen seperti bakteri, virus dan mikroorganisme lain yang berbahaya,” beber Nur Halimah.

Di terminal Bayuangga, mahasiswa menyalurkan satu unit tempat cuci tangan berkapasitas 250 liter air. Penyerahan tempat cuci tangan kepada pengelola terminal dilakukan Selasa, (26/01/2021) disaksikan Muspika Kecamatan Kademangan.

“Selain di terminal, ada beberapa masjid dan fasilitas umum yang juga kami beri tempat cuci tangan. Namun yang paling besar kapasitasnya, kami tempatkan di terminal,” Nur Halimah memungkasi.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Bayuangga Kota Probolinggo, Budiharjo menyambut baik gerakan kemanusiaan yang dilakukan para intelektual muda itu. Ia berharap, partisipasi mahasiswa menjadi contoh bagi kelompok lainnya.

Baca Juga  Capaian Vaksinasi Pelajar di Kab. Pasuruan Tembus 55 Persen

“Terima kasih atas kontribusinya terhadap pencegahan Covid-19 di terminal. Nanti tandon tempat cuci tangan ini akan saya letakkan di jalur tunggu pemberangkatan bus sebelah selatan,” tandas Budiharjo. (**)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Januari-April, 3 Warga Kota Probolinggo Terjangkit Leptospirosis, 2 Meninggal Dunia

Probolinggo,- Penyakit leptospirosis masih menjadi penyakit yang perlu diwaspadai di Kota Probolinggo. Terhitung sejak Januari …