Kantong Darah Menipis, PMI Sasar Pasar, Genjot Donor Darah

Kraksaan,- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Probolinggo memasifkan donor darah. Dalam sepekan ini saja, donor darah digelar di sejumlah titik berbeda.

Pertama donor darah di gelar di Pasar Paiton, Kamis 17 Maret 2022 lalu. Kegiatan serupa lantas digelar kembali, Senin, 21 Maret 2022 di Pasar Semampir Kraksaan.

Koordinator Pasar Semampir Joeli Santoso, mengatakan, antusias masyarakat cukup tinggi untuk menyumbangkan darahnya. Namun ada beberapa pendonor yang tidak bisa sumbang darah lantaran tidak lolos skrining.

“Ada 36 pendaftar, alhamdulilah antusias masyarakat sangat bagus terhadap giat ini,” katanya.

Petugas skrining donor darah PMI Kabupaten Probolinggo di Pasar Semampir, Dela menyebut, ada beberapa warga yang terpaksa tidak bisa mendoronorkan darah bahwa lantaran tekanan darahnya rendah dan tinggi.

“Dari 36 pendaftar ada 10 yang kami tolak karena tekanan darahnya rendah. Penyebabnya, karena pendonor tersebut kurang tidur, belum sarapan dan kurang asupan air,” jelas Dela.

Menurutnya, PMI Kabupaten Probolinggo saat kesulitan memenuhi golongan darah A dan AB. “Sampai saat ini golongan darah AB masih kosong,” papar dia.

Kepala Unit Dose Dispensing (UDD) PMI Kabupaten Probolinggo Adi Nugroho mengatakan, stok darah di PMI Kabupaten Probolinggo saat ini memang menipis.

Dijelaskannya, persediaan kantong darah pada hari ini saja, Selasa (22/3/22) hanya 25 kantong dan 35 kantong jenis plasma konvalesen.

“25 kantong darah yang tersedia itu 2 kantong darah golongan darah A dan 14 kantong darah golong darah B serta 9 kantong darah golongan darah O,” katanya kepada PANTURA7.com.

Selanjutnya, imbuh dia, donor darah akan digelar secara bertahap di Pasar Dringu, Pasar Leces, dan Pasar Maron. “Agar ketersediaan darah tercukupi,” pungkasnya. (*)

 

Baca Juga  Laga Uji Coba, Persipro 54 Tekuk Mitra Kukar 2-0

Editor: Efendi Muhammad

Publisher: A. Zainullah FT

Baca Juga

Arus Mudik Lebaran, Sopir dan Kru Bus Diperiksa Kesehatan

Probolinggo,- Untuk memastikan kesehatan sopir dan kru bus, Dinas Kesehatan dan P2KB Kota Probolinggo, bersama …