Sering Macet, Pedagang Pasar Semampir Ditertibkan

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Kemacetan yang kerapkali terjadi di jalan sekitar Pasar Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo dikeluhkan pengguna jalan. Hal tersebut, membuat beberapa instansi terkait turun tangan langsung.

Koordinator Lapangan (Korlap) Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Kecamatan Kraksaan, Widodo mengakui, kemacetan memang sering terjadi dan dikeluhkan. Penyebabnya, lantaran para pedagang yang kurang teratur.

“Tidak hanya sekali ini saja. Kemacetannya ya karena banyak pedagang di Pasar Semampir yang tidak menempati lapaknya masing-masing. Meskipun sudah punya lapak, mereka tetap memilih berjualan di pinggir jalan,” kata Widodo, Kamis (28/1/2021).

Oleh karena itu, lanjut Widodo, pihaknya kemudian mengambil tindakan bersama pihak pasar, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Probolinggo serta instansi di Kecamatan Kraksaan untuk menertibkan jualan pedagang.

“Tadi kami sudah turun tangan langsung ke lapangan untuk menertibkan pedagang yang berjualan di pinggir jalan pasar ataupun di atas trotoar. Sudah kita tata dan diberi pengertian untuk menempati bedaknya masing-masing,” ungkap Widodo.

Terpisah, Khusnul Khatimah, salah satu pedagang ikan di Pasar Semampir mengaku, lebih tertarik berjualan di luar pasar dibandingkan di bedak. Menurut dia, faktor pembeli menjadi pertimbangan para pedagang.

“Kalau berjualan di dalam, pembelinya sepi. Karena banyak pembeli malas masuk, sehingga kami lebih memilih berjualan di luar saja tapi kalau untuk bayar lapak ya kami tetap bayar,” ujar Khusnul. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Lintas Komunitas Upayakan Perlindungan Kawasan Hutan Lestari

Baca Juga

Atasi Sampah Overload, Pemkot Probolinggo Gandeng BRIN

Probolinggo,- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bestari menjadi tempat pengolahan sampah yang vital bagi Kota Probolinggo. …