Tergerus Arus, Plengsengan Sungai Pancarglagas Jebol

PAKUNIRAN-PANTURA7.com, Plengsengan Sungai Pancarglagas di Desa Glagah, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo amblas. Amblasnya plengsengan yang diduga tergerus arus deras itu diketahui Kamis (28/1/2021) siang sekitar pukul 14.00 WIB.

Muhammad, warga Kecamatan Pakuniran mengaku, tidak mengetahui pasti penyebab amblasnya plengsengan di Sungai Pancarglagas. Sebab, saat ia melintas sudah melihat kerumunan warga.

“Setelah saya lihat ternyata ada plengesengan jebol. Warga sekitar juga tidak mengetahui penyebabnya dan masih ketakutan untuk mendekat dikhawatirkan amblasnya makin melebar,” kata Muhammad saat ditemui di lokasi kejadian.

Sementara itu Satija, pemilik warung kopi (Warkop) di sekitar lokasi sungai mengatakan, sejatinya plengsengan tersebut sudah jebol tetapi tidak terlalu besar. Warga kemudian berinisiatif menutup retakan plengsengan dengan kayu dan tumpukan karung berisi pasir.

“Tapi tadi air sungai memang besar, dan saya dengar bunyi seperti gemuruh. Karena penasaran setelah dilihat ternyata plengesengan jebol semakain besar. Kayu penyangga dan karung penutupnya juga terbawa,” ungkap Satija.

Sementara itu, Kapolsek Pakuniran, AKP Haby Sutoko mengaku, sebagai antisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, sementara pihaknya memasang rambu-rambu peringatan agar jalan menuju Kecamatan Pakuniran dan Besuk tidak dilalui.

“Tapi khusus untuk kendaraan yang bermuatan seperti batu dan pasir kami minta untuk putar arah khawatir amblasnya plengsengan makin melebar. Karena di dalam sudah seperti terowongan, jadi antisipasi tidak dilalui kendaraan bermuatan,” tutur Haby. (*)


Editor : Ikhsan Mahmudi
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Bus Sasak Truk di Tegalsiwalan, 2 Sopir Tewas

Baca Juga

Hendak Menyeberang Jalan, Warga Besuk Tertabrak Trail di Jalur Paiton

Probolinggo,- Kecelakaan maut terjadi di jalur Pantura Paiton, tepatnya di jalan raya Desa Pondokkelor. Peristiwa …