Karang Taruna – GP Ansor Probolinggo Kolaborasi Kembangkan Ekonomi Kreatif

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Karang Taruna Kabupaten Probolinggo menggandeng Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Probolinggo, guna bersama-sama melakukan pemberdayaan sosial di tahun 2021.

Ketua Karang Taruna Kabupaten Probolinggo, Yunita Nur Laili menyampaikan, karang taruna merupakan organisasi nasionalis yang lebih memprioritaskan kemanusiaan melalui peran serta pemuda.

Dikatakannya, selama ini program-program yang sudah dilakukan oleh Karang Taruna diantaranya Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan kesejahteraan sosial atau PMKS yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

“Karang taruna berusaha hadir di saat masyarakat membutuhkan, tentunya disesuaikan dengan kemampuan yang kami miliki,” terang Yunita, Minggu (10/01/2021).

Dalam menentukan sebuah program yang akan dilakukan, imbuhnya, karang taruna selalu mengawali dengan mencari isu terkini dan strategis yang benar-benar sangat dibutuhkan oleh masyarakat melalui keterlibatan para pemuda.

“Setiap tahun kami berusaha membuat program yang berbeda dari tahun sebelumnya dengan terlebih dahulu melihat isu terkini dan strategis. KKami juga melihat masukan yang disampaikan oleh karang taruna di kecamatan pun desa,” bebernya.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo, H. Munir menyambut baik kolaborasi dua organisasi ini. Ia menyebut, peran serta semua pihak, terutama organisasi kepemudaan, amat diperlukan guna kemajuan Kabupaten Probolinggo.

“Semoga jalinan silaturahim ini bisa terus kita tingkatkan demi kolaborasi program kerja, khususnya yang akan dilakukan pada tahun 2021,” ungkapnya.

Munir membahkan,program yang sudah dilakukan oleh GP Ansor Kabupaten Probolinggo selama ini fokus kepada kemandirian dan sosial serta pengembangan ekonomi kreatif, khususnya ditingkat pemuda.

“Untuk kemandirian meliputi ternak bebek, jamur dan cafe. Sementara untuk sosial dilakukan melalui kegiatan pengumpulan baju layak pakai, penggalanan dana dan pembersihan makam Islam,” urainya.

Sebelumnya, Sabtu (9/1/2021), kedua organisasi ini menggelar silaturrahim bertajuk Forum Ta’aruf Sinergi Program Tahun 2021 di ruang pertemuan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Probolinggo, yang dihadiri masing-masing pengurus. (*)

Baca Juga  Pulang Ronda, 2 Motor Honorer asal Paiton Raib

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Harga Beras dan Gabah Jomplang Banget! Petani Lumajang Salahkan Beras Impor

Lumajang,- Harga beras premium di Kabupaten Lumajang kini mencapai Rp15.000 ribu per kilogram (kg). Ironisnya, …