Tak Hanya Pisang, Lumajang Ternyata Penghasil Kayu Sengon Terbesar di Jatim

Lumajang,- Selain terkenal dengan julukan kota pisang, ternyata Kabupaten Lumajang merupakan salah satu wilayah penghasil kayu sengon atau albasia terbesar di Provinsi Jawa Timur.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati. Menurutnya, Kabupaten Lumajang yang memiliki lahan seluas 179.000 hektare luas wilayah Kabupaten Lumajang, ternyata banyak menghasilkan pohon sengon.

Dari luas lahan 179.000 hektar itu, sekitar 33 persen merupakan hutan negara, kemudian 32,6 persen tercatat sebagai hutan rakyat.

Selain itu, dari angka persentase luas hutan rakyat atau setara kurang lebih 50.000 hektare, sebagian besar juga telah ditanami kayu sengon.

“Sekitar 50.000 hektare, kita memiliki hutan rakyat yang sebagian besar ditanami kayu sengon atau albasia,” terang pejabat yang biasa dipanggil Bunda Indah ini.

Selain itu, diungkapkan Bunda Indah, bahwa saat ini Lumajang telah memiliki sekitar 120 industri pengolahan kayu, bahkan sebagian industri juga sudah menembus pasar ekspor.

“Kita memeliki industri pengolahan kayu itu sekitar 120-an, ada ekspor serta ada yang memenuhi kebutuhan lokal,” jelan dia.

Ia menambahkan, bahwa 60 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Lumajang bermata pencaharian sebagai petani, baik tanaman hortikultura seperti kopi, buah-buahan serta beberapa pertanian pangan lainnya.

“Jadi 60 persen penduduk Kabupaten Lumajang bermata pencaharian petani, utamanya di wilayah Kecamatan Senduro yang berbasis pertanian. Petaninya lengkap disana, mulai hortikultura, peternakan serta petani pangan lainnya,” tutupnya. (*)

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Zainul Hasan R

Baca Juga  Omzet Penjual Masker di Pinggir Jalan Merosot Tajam

Baca Juga

Beras Impor 8.200 Ton Tiba di Probolinggo, Dibongkar di Pelabuhan

Probolinggo,- Ribuan ton beras impor tiba di Dermaga II Terminal Umum, Pelabuhan Delta Artha Bahari …