Akun Kerap Diduplikasi, Bupati Irsyad Siapkan Strategi Khusus

PASURUAN-PANTURA7.com Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, mengaku kerap dicatut namanya oleh pelaku kejahatan. Pelaku, menurut Irsyad, sering muncul di akun media sosial dengan cara mengatasnamakannya.

Oleh karenanya, orang nomor satu di Kabupaten Pasuruan ini mengingatkan, masyarakat lebih peka dan waspada. Jika pun terjadi hal-hal seperti itu, Irsyad mengimbau masyarakat segera konfirmasi ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) atau minimal ke Camat.

“Saya masih bersyukur, karena yang hampir tertipu itu adalah Kepala Satkor Banser Puspo,” kata Bupati Irsyad kepada wartawan, Senin (4/1/2022) siang.

Ceritanya, imbuh Irsyad, Kepala Satkor Banser Puspo itu mengira akun yang chat pribadi ke akunnya, adalah akun pribadi milik sang bupati.

“Yang membuat janggal, karena Pak Bupati kok panggil pak, biasanya kalau banser itu sahabat banser. Kemudian dia konfirmasi ke banser yang lain, akhirnya memahami (kalau akun palsu,” ulasnya.

Agar kejadian serula tidak terulang, Bupati Irsyad akan membuat akun resmi dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan.

“Nanti akan ada ruang konsultasi yang nanti akan dikelola oleh Kominfo atau Humas,” papar Satkowil Banser Jawa Timur ini.

Dijelaskannya, salah satu faktor yang membuat masyarakat berani melakukan penipuan dengan menggunakan akun palsu, karena terdorong mudahnya berkomunikasi via media sosial.

“Media sosial saat ini sangat rawan. Selain itu, kita memahami masyarakat kita ditengah kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19,” pungkas Irsyad. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Duh! Sales Motor Bawa Kabur Motor, Terekam CCTV

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …