Picu Kerumunan, Satgas Covid-19 Tutup Wisata Bermi Eco Park

KRUCIL-PANTURA7.com, Satuan Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo memutuskan menutup Bermi Eco Park di Desa Bermi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo. Objek wisata itu ditutup karena dinilai memicu kerumunan massa.

Koordinator Penegakan Hukum (Gakkum) Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Probolinggo, Ugas Irwanto menyebut, penutupan objek wisata di kawasan Pegunungan Argopuro itu hanya bersifat sementara.

“Setelah kami pantau secara langsung bersama satgas kecamatan, selain kemacetan yang membuat kerumunan juga banyak pelanggaran prokes yang dilakukan para pengunjung, karena pihak pengelola kewalahan untuk mengingatkan, maka mulai besok ditutup,” kata Ugas.

Penutupan objek wisata yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) tersebut, menurut Ugas, berlaku selama 2 hari, terhitung mulai Sabtu (2/1/2021) sampai Minggu (3/1/2021). Tujuannya, guna menekan potensi penyebaran Covid-19.

“Sebenarnya kami (Satgas) kasian juga kalau ditutup karena ini menyangkut ekonomi warga, tapi mau apalagi karena penyebaran Covid-19 ini lebih berbahaya, meskipun Kecamatan Krucil masuk dalam zona hijau,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa (Kades) Bermi, Yusuf menjelaskan, sejatinya pengelola wisata Bermi Eco Park sudah menyediakan sarana prasarana protokol kesehatan. Selain itu, instruksi Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari melalui surat edaran (SE) terkait pembatasan jumlah kunjungan juga diterapkan.

“Sudah, sudah kami ikuti semua intruksi Bupati yang harus menerima kunjungan 30 persen saja. Bahkan kami sudah sediakan semua alat-alat kelengkapan prokesnya. Tapi kerumunan massa seperti tadi itu diluar perkiraan kami, jadi kalau mau ditutup tidak apa-apa,” ujar Yusuf pasrah.

Diketahui, jalur wisata Desa Bermi, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo, penuh sesak hingga macet lantaran banyak pengunjung melintas, Jum’at (1/1/2021) siang. Kerumunan massa itu disorot karena dinilai melanggar protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19. (*)

Baca Juga  Sebelum Senggol Polisi, MPU ini Sempat Atraksi ‘Oleng’

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Lonjakan Pengunjung Wisata di Pasuruan Menurun, Diprediksi Naik Lagi saat Hari Raya Ketupat

Pasuruan,- Selama libur lebaran, sejumlah destinasi wisata di Kabupaten Pasuruan, disesaki wisatawan. Seperti Taman Ria …