Diusulkan Menteri ESDM, Pos Pantau Bromo Dipindah Februari

PROBOLINGGO-PANTURA7.com Usulan Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan terkait pemindahan Pos Pantau Gunung Bromo rupanya langsung ditindaklanjuti. Rencananya Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencaga Geologi (PVMBG) akan menggelontorkan  dana Rp 1,5 milar untuk pemindahan Pos Pantau Gunung Bromo mulai Februari mendatang.

Hal itu didapat PANTURA7.com melalui Kepala Pos Pengamatan Gunung Bromo Ahmad Subhan, Jumat ( 11/1/2019). Lewat sambungan seluler kabar bahagia tersebut ia ceritakan kalau usulan tersebut akan ditindaklanjuti.

“Benar, setelah diusulkan ada informasi dari PVMBG bahwa akan ada tindak lanjut yang akan dimulai bulan depan. Targetnya bulan April bisa selesai,” ucap Subhan.

Ditanya soal anggaran pihaknya belum bisa secara rinci. Namun ada perkiraan anggaran sebesar  1,5 miliar. Untuk pembangunan (pos) sebesar Rp 1 miliar dan pengadaan perangkat seperti komputer dan lainnya sebesar Rp  500 juta.

“Tetapi kami masih menunggu  informasi lanjutan dari pusat. Soalnya kami hanya menerima info dan tinggal menempati. Ya semoga terealisasi,” pungkasnya.

Diketahui sebelumnya, Jonan mengunjungi Gunung Bromo pada Selasa (8/1/2019) lalu. Dalam kunjungannya, ia menginstruksikan agar pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Bromo yang berada di Dusun Cemorolawang, Desa Ngadisari, Probolinggo itu dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi. (*)

 

 

Penulis: Rahmad Soleh

Editor: Ikhsan Mahmudi

Baca Juga  Limbah PT AFU Dikeluhkan, DLH Jatim Turun

Baca Juga

TPID Kota Probolinggo Buka Warung Sembako, Harga tak Menguras Kantong

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (DKUMP), …