SIDAK: Sekda Kota Probolinggo, Ninik Ira Wibawati, gelar sidak di Pasar Baru untuk mengetetahui stok dan harga bahan pangan. (Foto: Istimewa).

Jelang Nataru, Stok dan Harga Sembako di Kota Probolinggo Terkendali

Probolinggo,- Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo memastikan stok bahan kebutuhan pokok saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) mencukupi.

Jaminan kepastian stok kebutuhan pokok ini setelah Pemkot Probolinggo, bersama sejumlah instansi terkait melaksanakan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah swalayan dan pasar, Kamis (21/12/2023).

Adapun lokasi sidak yakni Pasar Baru, dan sejumlah swalayan di Kota Probolinggo. Dari sidak tersebut diketahui harga cabai rawit mencapai Rp80 ribu per kilogram (kg), dan daging ayam Rp33 ribu per kg

Sementara harga cabai merah besar Rp70 ribu per kg, telur ayam Rp26 ribu per kg, daging sapi super Rp120 ribu per kg, dan daging sapi biasa Rp110 ribu per kg.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, dan Perdagangan (DKUP), Fitriawati mengatakan, sidak untuk memastikan stok bahan pokok cukup serta harga stabil.

“Jadi dari sidak ini diketahui, stok bahan makanan cukup untuk libur Nataru disertai dengan harga yang stabil. Bahkan cabai rawit yang awalnya Rp100 ribu per kilogram kini menjadi Rp80 ribu,” ujarnya.

Sementara itu, Sekda Ninik Ira Wibawati mengatakan, ketersediaan sembako masih tercukupi serta harganya yang masih stabil. Adapun selisih harga tidak begitu signifikan hanya Rp50 antara pasar dan supermarket.

“Masyarakat agar tidak panic buying dan selektif saat berbelanja, karena bahan pokok masih tersedia baik di toko swalayan, maupun di pasar tradisional,” ujarnya.

Sidak tak hanya dilakukan di pasar tradisional dan swalayan, namun juga menyasar ke distributor daging ayam, hingga subdistributor beras. (*)

 

 

Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Moch. Rochim

Baca Juga  Polres Probolinggo Kota Selidiki Kebakaran, Tiga Pemilik Ruko Diperiksa

Baca Juga

Lima Pejabat Eselon II Pemkab Probolinggo Pensiun Tahun ini

Probolinggo,- Tahun ini ada lima pejabat eselon II di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang …