Atasi Sampah, 61 Kontainer Senilai Rp 2 Miliar Disebar

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Untuk menanggulangi penyebaran sampah liar, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Probolinggo mendatangkan kontainer sampah. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 61 kontainer sampah didatangkan akhir tahun ini.

Kabid Pengelolaan Sampah DLH Kabupaten Probolinggo, Zaenal Ansori mengatakan, puluhan kontainer sampah itu didatangkan secara bertahap. Untuk sementara, kontainet diletakkan di sebelah barat kantor DLH setempat.

“Sampai saat ini masih belum datang semua kontainernya. Perkiraan kami, kontainer akan datang dan terkumpul di sebelah barat kantor kami tidak sampai pergantian tahun 2021,” kata Zaenal, Kamis (31/12/2020).

Penyebarannya nanti, menurut Zaenal, masih belum bisa dipastikan oleh dinas. Sebab, masih akan dirapatkan, termasuk bahasan soal titik-titik sampah yang kerap ditemui  berserakan.

“Produksi sampah di Probolinggo memang tergolong besar. Sehingga banyak warga yang membuang sampah bukan pada tempatnya yang akan kami prioritaskan,” jelas dia.

Anggaran pengadaan kontainer sampah ini, sambungnya, sebesar Rp 2 miliar. Dana tersebut, klaim Zaenal, didapat melalui pinjaman mengingat dana DLH banyak dialihkan untuk penanggulangan Covid-19.

“Dengan kontainer sampah tersebut, semoga tingkat kesadaran masyarakat semakin baik dengan membung sampah pada tempatnya. Sehingga, bisa tercipta kehidupan lingkungan yang bersih dan sehat,” ia memungkasi. (*)


Editor: Efendi Muhamad
Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Cuaca Ekstrem Seminggu ke Depan di Jatim, BPBD Ingatkan Warga Waspada

Baca Juga

Atasi Sampah Overload, Pemkot Probolinggo Gandeng BRIN

Probolinggo,- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bestari menjadi tempat pengolahan sampah yang vital bagi Kota Probolinggo. …