Ekonomi Lesu Terdampak Pandemi? ini Cara Pemulihannya

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang mewabah sejak akhir tahun 2019, memporak-porandakan lintas sektor kehidupan. Sektor yang paling terdampak, diantaranya adalah bidang ekonomi.

Karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Satgas Penanangan dan Percepatan Covid-19, getol mensosialisasikan pentingnya penerapan protokol kesehatan (Prokes) oleh masyarakat.

Dengan penerapan prokes berupa memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak (3M), maka mata rantai penyebaran Covid-19 dapat terputus sehingga pandemi lekas berlalu dan sosial kehidupan masyarakat kembali normal.

“Sulit memang membiasakan protokol kesehatan, tetapi pemerintah selalu memberikan arahan dan kebutuhan untuk protokol kesehatan, yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, dan menghindari kerumunan yang berisiko terjadinya penularan. Dengan membiasakan disiplin protokol kesehatan, maka dengan sendirinya sektor ekonomi pulih,” kata Juru Bicara Ketua Satgas Penanganan dan Percepatan Covid-19 Kabupaten Probolinggo Dewi Vironica, Kamis (19/11/2020).

Sejauh ini, lanjut Dewi, upaya yang dilakukan, antara lain mengawal terlaksananya protokol kesehatan diberbagai sektor yang perlahan mulai beroperasi, yaitu dengan operasi yustisi, pemberian informasi dan edukasi diberbagai tempat sera pembagian masker.

“Pemantauan protokol kesehatan, dilakukan antara lain di pasar rakyat, tempat pariwisata, dan UMKM, karena ditempat-tempat tersebut dinilai sulit untuk mengontrol kerumunan dan menerapkan protokol kesehatan,” ungkap dia.

Saat ini, sambung Dewi, adaptasi protokol kesehatan sudah berjalan dengan baik walau belum dapat dikatakan sempurna. Jika 3M ini dilakukan maksimal, sambungnya bukan tidak mungkin perekonomian masyarakat pulih kembali.

“Maka dari itu, regulasi pemerintah daerah mengenai kewajiban menerapkan protokol kesehatan dapat diberikan sertifikasi pada tempat usaha kuliner yang benar-benar dapat menerapkan protokol kesehatan. Sehingga dengan kedisiplinan diberbagai sektor bisa mendorong pemulihan kesehatan dan mempercepat kebangkitan ekonomi,” tutup dia. (*)

Baca Juga  Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Ayam dan Telur di Probolinggo Fluktuatif

Editor : Efendi Muhammad
Publisher : Rizal Wahyudi


Baca Juga

Beras Impor 8.200 Ton Tiba di Probolinggo, Dibongkar di Pelabuhan

Probolinggo,- Ribuan ton beras impor tiba di Dermaga II Terminal Umum, Pelabuhan Delta Artha Bahari …