Keluarga Kurang Mampu di 11 Kecamatan Dapat Kuliah Gratis

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Probolinggo membuka pendaftaran bagi keluarga miskin yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Penjaringan calon mahasisiwa miskin tersebut akan berlangsung hingga Rabu (7/10/2020) pekan depan.

Ketua Baznas setempat Ahmad Muzammil mengatakan, pihaknya akan memberikan beasiswa bagi masyarakat yang ingin menempuh perkuliahan namun terhalang kondisi ekonomi.

“Kami menginginkan satu keluarga satu sarjana, karena pendidikan itu penting bagi siapa pun. Makanya siapa pun yang ingin mendaftar, silakan hubungi kantor kami di Gedung Islamic Centre (GIC) Kraksaan,” katanya, Jum’at (2/10/2020).

Namun, lanjut dia, kali ini beasiswa hanya akan diberikan untuk keluarga miskin yang ada di 11 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Mayoritas berada di wilayah Probolinggo bagian barat.

Meliputi Kecamatan Tongas, Lumbang, Sumber, Sukapura, Kuripan, Bantaran, Leces, Tegalsiwalan, Dringu, Sumberasih, dan Wonomerto. Sementara kecamtan yang berada di wilayah timur, sudah dilakukan pada tahun sebelumnya.

“Tahun kemarin kami buka di 24 kecamatan, dan yang daftar rata-rata dari daerah timur. Makanya tahun ini gantian, kami beri kesempatan untuk daerah barat biar sama-sama dapat,” ungkap Muzammil.

Untuk mendapatkan beasiswa tersebut, sambung Muzammil, para pendaftar hanya perlu membawa e-KTP yang menunjukkan mereka berdomisili di salah satu dari 11 kecamatan tersebut.

Selain itu, sambung Muzammil, juga harus mengajukan surat lamaran tertulis yang dilampiri fotocopy KK, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dan juga foto rumah yang ditempati saat ini.

“Siapa pun bisa mendaftar, asal dari keluarga fuqara. Karena nantinya kami juga akan mensurvei ke rumahnya untuk menjamin dan memastikan keadaan yang bersangkutan memang benar-benar tidak mampu,” ujarnya.

Meski jatah beasiswa tersebut tidak terlalu banyak, menurut Muzammil, pihaknya nanti akan melakukan kajian ulang jika antusias masyarakat dari program satu keluarga satu sarjana tersebut tinggi.

Baca Juga  PA Kraksaan Perpanjang Lockdown dan Tunda Sidang

“Rencana awal kami di 1 kecamatan itu ada 1 orang yang dapat beasiswa. Tapi nanti kalau banyak, mungkin bisa kami tambah kuotanya. Kita lihat dulu perkembangannya,” tutup Muzammil. (*)


Editor : Efendi Muhamad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …