Bandel Masuk ‘Jantung’ Kota, Sopir Truk Ditilang

KANIGARAN-PANTURA7.com, Sejumlah truk bandel masih dijumpai masuk “jantung” Kota Probolinggo. Satlantas Polresta Probolinggo mengenakan bukti pelanggaran (tilang) terhadap sopir-sopir truk yang melanggar larangan masuk kota itu.

Termasuk di antaranya, sebuah truk dihentikan di Jalan Pahlawan, Jumat (25/09/2020) pagi. Karena dinilai melanggar rambu lalulintas (larangan masuk), truk itu ditilang.

Biasanya truk yang melintasi Jalan Pahlawan berasal dari arah timur (Jalan Panglima Sudirman) dan Jalan HOS Tjokroaminoto dan hendak menuju Surabaya. Truk-truk itu sengaja “memotong kompas” untuk memperpendek jalur tempuh padahal melanggar rambu lalu lintas.

Mereka yang mengabaikan rambu lalu lintas itu diminta menunjukkan surat kelengkapan berkendara yakni, STNK dan SIM. “Namun, sebagai penegakan aturan, para pengemudi truk tetap dijatuhi sanksi tilang,” kata Kasatlantas, AKP Tavip Haryanto, Jumat.

Dikatakan Pemkot Probolinggo sudah memasang rambu larangan masuk kota. Masing-masing di pertigaan depan Pos Polisi Randupangger dan di simpang empat Wonoasih, Kecamatan Wonoasih, Kota Probolinggo.

“Penertiban truk masuk kota juga untuk menekan angka kecelakaan dan kemacetan di dalam kota,” kata kasatlantas.

Kendati begitu, Tavip megaku, belakangan ini truk yang masuk kota sudah menurun dibanding sebelumnya. Memang tidak ada ruang bagi truk yang masih nekat melintas di jalur dalam kota.

“Jika ada anggota yang membiarkan truk melintas segera laporkan dan akan kami tindak tegas,” katanya.

Sementara itu pengemudi truk, Maddahlal (40) mengaku, terkejut saat terkena tilamg. Ia mengaku, tidak akan mengulangi lagi melanggar rambu lalu lintas. “Ya akhirnya saya kena tilang,” katanya. (*)


Editor: Ikhsan Mahmudi

Publisher: Rizal Wahyudi


Baca Juga  Polemik Tambang Pasir Lumajang, Jalan Rusak hingga Stokpile Ilegal

Baca Juga

Bulan Ramadan, Jam Kerja ASN Pemkab Probolinggo Dipangkas

Probolinggo,- Selama Ramadan, Pemerintah Kabupaten Probolinggo memangkas jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. …