Majelis ‘Ontel’ Gelar Upacara Kemerdekaan di Pantai Duta

PAITON-PANTURA7.com, Berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 . Seperti yang dilakukan Komunitas Pesona Ontel Rosho (Rotib dan Sholawat) di Kabupaten Probolinggo yang menggelar upacar di pantai, Senin (17/8/2020).

Tak seperti upacara pada umumnya dimana peserta membentuk barisan, komunitas ini justru membentuk lingkaran. Bendera merah putih nampak tertancap di wisata Pantai Randutatah (Duta) di Desa Randutatah, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo.

“Kami merayakan peringatan HUT kemerdekaan sebagai wujud syukur atas anugerah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa, baik kepada kita, juga untuk negara,” kata Pembina Majelis Pesona Rosho, KH. Husein Asyari.

Tujuan menggelar upacara di pinggir pantai yang dikenal eksotik ini, lanjut kiai yang akrab disapa Ra Hosen, untuk mensyiarkan kepada warga agar tidak kufur terhadap nikmat kekayaan alam yang telah diberikan.

“Betapa negara ini sangat kaya, dengan hamparan lautnya yang begitu luas dan kekayaan alam lainnya. Kekayaan ini diharapkan mampu mensejahterakan warga negara,” ungkap dia.

Sementara komandan upacara, Abdul Hadi menyampaikan, merayakan kemerdekaan di pantai tidak hanya untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-75, namun juga secara tidak langsung membantu mengembangkan destinasi wisata alam di Kabupaten Probolinggo.

“Untuk mempromosikan wisata Pantai Duta. Selama pandemi korona, sektor pariwisata kolaps. Semoga dengan perayaan kemerdekaan disini, bisa memulihkan geliat kunjungan wisata seperti sediakala,” tutur dia.

Perlu diketahui, Majelis Pesona Rosho merupakan majelis rotib dan salawat yang berdiri sejak 2 tahun lalu. Majelis tersebut menggunakan sepeda ontel sebagai media dakwah. Majelis ini, menjadwalkan kegiatan dakwahnya setiap Sabtu malam dan Minggu pagi. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga  Pembabat Bibit Mangrove Pantai Duta Diburu Polisi

Baca Juga

Alih Status, Dua Ribuan Wanita di Probolinggo jadi Janda

Probolinggo,- Kasus perceraian di Kabupaten Probolinggo masih cukup tinggi. Sepanjang tahun 2023, Pengadilan Agama (PA) …