Kader Ansor ini Sediakan Wifi Gratis Demi Fasilitasi Daring Pelajar

KRAKSAAN-PANTURA7.com, Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kota Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, menyediakan jaringan WiFi gratis. Tujuannya, membantu siswa-siswi saat pembelajaran secara online atau dalam jaringan (Daring).

Wakil Ketua Bidang Lembaga Pers dan Informasi Publik GP Ansor Kota Kraksaan, Muhammad Hendra mengatakan, penyediaan jaringan WiFi gratis sangat diperlukan saat ini, demi mengurangi beban para orang tua dengan paket kuota.

“Mulanya hanya mendengarkan keluhan orang tua karena mahalnya biaya untuk membeli kuota, sehingga spontanitas keluar ide menyediakan free wifi untuk siswa-siswi. Terutama keluarga ekonomi menengah ke bawah,” kata Hendra, Minggu (16/8/2020).

Penyediaan jaringan WiFi gratis, lanjut dia, diapresiasi siswa-siswi di tingkat SMP dan SMA di Desa Maron Kidul, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo.

Setiap harinya, kata dia, jika ada pembelajaran daring bisa sampai 10 orang yang menikmati layanan gratis tersebut.

“Saya persilahkan jika sudah ada jadwal pembelajaran daring. Kalau libur, penyediaannya wifi saya tutup, agar anak-anak tidak terlena dengan dunia sosial karena masih belum waktunya mengenal dunia maya terlalu jauh,” tuturnya.

Selain menutup penyediaan WiFi gratis di waktu libur, sambung Hendra, ia juga mengawasi siswa-siswi secara ketat selama proses pembelajaran. Hal ini untuk menutup kesempatan para generasi penerus bangsa mengenal dunia maya.

“Saya sendiri yang mengawasi, jadi selama proses belajar daring berlangsung selalu saya cek HP-nya. Kalau sudah selesai, mereka langsung pulang. Kalau tetap menikmati WiFi, takut disalahgunakan untuk main game online, buka facebook, YouTube dan lain-lain,” terang dia.

Jika proses daring masih berlanjut hingga batas waktu yang belum ditentukan, ia akan mengusulkan kepada pengurus GP Ansor, agar menyediakan pelayanan jaringan WiFi gratis.

Baca Juga  Perbaikan 22 PJU Kota Kraksaan Dianggarkan Rp700 Juta

“Hitung-hitung meringankan beban para orang tua siswa, yang perekonomiannya terpecah untuk pembelian kuota internet karena dampak pandemi Covid-19 belum usai,” ujar Alumnus Pesantren Zainul Hasan Genggong ini. (*)


Editor : Efendi Muhammad
Publisher : A. Zainullah FT


Baca Juga

Kritisi Penyaluran Bansos Jelang Pemilu 2024, Mahfud MD: Orang Lewat Dikasih Bansos

Pasuruan,- Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD kembali melakukan kampanye di Pasuruan. Kali …