Bromo Penuh Sampah, Ratusan Relawan Turun Gunung

PROBOLINGGO-PANTURA7.com, Sekitar 250 relawan gabungan melakukan aksi bersih-bersih di lautan pasir Gunung Bromo, Senin (2/7/2018). Relawan gabungan itu terdiri dari Komunitas Bromo Lovers, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Perhimpunan Hotel dan Rumah Indonesia (PHRI) Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Polsek dan Koramil Sukapura.

Selain itu, hadir pula forum Sahabat Gunung, paguyuban jip, kuda ojek dan asongan Bromo, serta sejumlah pelajar dan IPNU-IPPNU Kabupaten Pasuruan berpartisipasi. Aksi sosial ini dilakukan sebagi bentuk keprihatinan atas menjamurnya sampah di kawasan wisata tersebut, dua hari pasca perayaan Yadnya Kasada.

Relawan pencinta alam ini berasal dari empat daerah di lereng Gunung Bromo, meliputi Kabupaten Probolinggo; Lumajang; Pasuruan dan Malang. Mereka memunguti sampah di sekitar Pure Luhur Poten, tangga Kawah Bromo dan titik lain disekitar lautan pasir Gununh Bromo, yang dimulai sejak pukul 8.00 hingga 13.30 WIB.

“Setelah Yadnya Kasada, sampah banyak berserakan. Kami harus membersihkan kaldera karena penuh sampah, konsentrasinya sekitar pure dan tangga kawah,” papar koordinator kegiatan, Sunarip Yudi Darmanto.

Dalam aksi pungut sampah ini, terdapat 5 unit truk sampah yang disiapkan relawan. Adapun jenis sampah yang mayoritas ditemui adalah plastik pembungkus makanan dan botol bekas air mineral. Selain mengganggu eksotika alam, sampah jenis itu harus dipunguti karena tidak dapat terurai.

“Ketika bertemu dengan para wisatawan, kami selalu kampanyekan bawa kembali sampah, tapi ya tetap saja sampah dibuang sembarangan. Rencana kami, bersih – bersih sampah ini berlangsung selama lima hari hingga Bromo benar-benar bersih,” tambah Ketua Bromo Lovers Teguh Wibowo.

Sampah yang dipunguti kemudian diwadahi karung sebelum diangkut menuju truk untuk dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA). Aksi sosial ini, tak hanya berimbas pada kebersihan lingkungan di kawasan Gunung Bromo, namun juga memupuk kebersamaan antar relawan, TNBTS dan Muspika setempat

Baca Juga  Rumini, Korban Erupsi Semeru Lahir Kembali lewat Anggrek

“Tentu kamu mengapresiasi kepedulian teman-teman terhadap lingkungan wisata di Gunung Bromo. Kami juga terbantu karena mereka yang berada di garis depan dalam menjaga kelestarian lingkungan,” bangga Kasi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 1 TNBTS Sarmin saat dikonfirmasi. (*)

 

Penulis : Mohammad Rochim
Editor : Efendi Muhammad

Baca Juga

BPBD Lumajang Imbau Masyarakat Waspadai Potensi Bencana Saat Perubahan Cuaca

Lumajang,- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang mengimbau masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrim seiring peralihan …